Mohon tunggu...
Kelvins
Kelvins Mohon Tunggu... Freelancer - S1 - Akuntansi

Nama : Kelvin Saputra NIM : 43221010038 Nama Kampus : Universitas Mercu Buana (UMB) Nama Dosen : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kepemimpinan, Disiplin, dan Manajemen Waktu

26 September 2022   02:24 Diperbarui: 26 September 2022   06:34 299 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

What (Kepemimpinan)

Setiap perusahaan, kelompok, atau organisasi memiliki tujuan. Seorang pemimpin diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut secara efektif dan efisien.

Apa pemimpin itu sendiri? Pemimpin adalah orang yang memimpin sebuah perusahaan, kelompok, atau organisasi. Tujuan lebih mudah dicapai ketika para pemimpin dan anggotanya berada di jalur yang sama. Selain itu, pemimpin harus mampu menerapkan sifat-sifat kepemimpinan secara tepat dan benar.

Apa kepemimpinan itu sendiri? Kepemimpinan adalah suatu kemampuan atau kekuatan yang melekat pada diri seseorang. Sifat kepemimpinan ini digunakan ketika memimpin suatu perusahaan, kelompok, atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan yang ditentukan ini dapat dicapai melalui sifat kepemimpinan.

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemimpin adalah orang yang memimpin. Sedangkan kepemimpinan adalah tentang pemimpin atau bagaimana memimpin.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah beberapa pengertian kepemimpinan yang dikemukakan oleh para ahli.

a.) Sullivan dan Decker
Menurut Sullivan & Decker (1989) kepemimpinan adalah keterampilan seseorang dalam memberikan pengaruh terhadap pihak lain untuk melaksanakan perintah secara maksimal sesuai kemampuan.

b.) Ott
Menurut Ott (1996) kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai proses hubungan antar pribadi yang di dalamnya seseorang mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan khususnya perilaku orang lain.

c.) George R. Terry
Menurut George R. Terry (1972 : 458) kepemimpinan adalah aktivitas mempengaruhi orang-orang supaya diarahkan mencapai tujuan organisasi.

d.) Wahjosumidjo
Menurut Wahjosumidjo (1987:11) kepemimpinan pada hakikatnya adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin yang berupa sifat-sifat tertentu seperti: kepribadian (personality), kemampuan (ability) dan kesanggupan (capability).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan