Mohon tunggu...
Jack Febrian Rusdi
Jack Febrian Rusdi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dan Peneliti

Student of Phd ICT Program Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), and Student of Psychology in Bandung. Indonesian Tourism Journalist Association (ITJA) and Indonesia Marketing Association (IMA). Founder of Bandung Awards. Lecturer and Author of Information Technology books.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Catatan Intisari tentang Leadership

23 Mei 2022   02:48 Diperbarui: 23 Mei 2022   03:33 589 69 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber gambar: actconsulting.co

Istilah leadership tentu sudah akrab bagi masyarakat secara umum. Kajian tentang leadership ini merupakan inti pemahaman dalam suatu perusahaan ataupun organisasi, termasuk dalam kajian Professional Development. Lalu, informasi penting apa saja yang perlu dipahami tentang leadership ini? Catatan Intisari tentang leadership inilah yang dikaji pada artikel ini. Semoga artikel ini mampu memberikan catatan intisari pemahaman tentang leadership ini.

Pengertian

Dalam bahasa Indonesia, Leadership diartikan sebagai kepemimpinan. Leadership merupakan salah satu dari fungsi manajemen organisasi  untuk mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi, dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas yang telah direncanakan demi mencapai tujuan perusahaan atau organisasi [1].

Karakter Pemimpin

Pemimpin yang hebat, paling tidak biasanya memiliki karakter berikut [2]:

  1. Keingintahuan yang aktif
  2. Kesadaran diri
  3. Komunikasi yang jelas
  4. Mampu memotivasi
  5. Menguasai cara pendekatan

Perbedaan pemimpin dengan manager

Pemimpin memiliki cara berfikir yang visioner untuk melihat perkembangan perusahaan atau organisasinya untuk masa yang akan datang. Sedangkan tugas manager adalah membuat rencana untuk menjalankan visi dan misi perusahaan atau organisasi, termasuk pengukuran terhadap pencapaian visi dan misi yang telah dilakukan [3].

Jenis dan gaya kepemimpinan

Paling tidak gaya kepemimpinan (leadership style) ditinjau dari lima hal ini, yaitu [4]:

  1. Demokratis, menjadikan anggota timnya sebagai bagian dalam pengambilan keputusan.
  2. Autokratis, mengambil keputusan tanpa meminta pertimbangan dari anggota atau timnya.
  3. Transformasional, melakukan perubahan seperti meningkatkan budaya, membalikkan keadaan, ataupun mendapatkan keuntungan yang lebih.
  4. Transaksional, tidak merubah keadaan yang sudah stabil, namun fokus agar tim melakukan tugas sebagaimana mestinya, dan lebih menekankan pada rencana jangka pendek.
  5. Laissez-Faire, melibatkan tim untuk membantu memimpin organisasi yang dipimpinnya.

Kelebihan yang harus dimiliki pemimpin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan