Mohon tunggu...
Jack Febrian Rusdi
Jack Febrian Rusdi Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dan Peneliti

Student of Phd ICT Program Universiti Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), and Student of Psychology in Bandung. Indonesian Tourism Journalist Association (ITJA) and Indonesia Marketing Association (IMA). Founder of Bandung Awards. Lecturer and Author of Information Technology books.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Bandung Sorga Pelatihan Taekwondo? di Mana Tempat Latihannya? di Kota Anda?

30 Januari 2022   20:05 Diperbarui: 30 Januari 2022   21:00 4770 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pelatihan pertahanan diri, kesehatan fisik, dan mental anak semenjak dini (model: Arvand Putra Febrian). Foto: Dokpri

Kepedulian terhadap bagaimana melatih pertahanan diri, dan membentuk kesehatan fisik maupun mental menjadi perhatian yang cukup tinggi pada berbagai kalangan pada akhir-akhir ini. 

Salah satu cara yang dilakukan adalah mebbentuk pertahanan diri dilakukan melalui Taekwondo, disamping berbagai bentuk olahraga bela diri lainnya. Peserta yang mengikuti latihan Taekwondo ini pun tidak hanya untuk dewasa maupun remaja, namun bahkan juga dimulai dari masa anak-anak.

Seperti disampaikan oleh salah satu pelatih Taekwondo pada Perguruan Pazzer di Bandung, Sabeum Guntoro, Taekwondo mampu membantu untuk persiapan anak, baik dari sisi kesehatan, melatih fokus, Jiwa Sosial, jiwa kepemimpinan, dan tentunya pertahanan diri anak. 

Sehingga persiapan masa depan anak ini perlu dilakukan semenjak dini, terutama dalam mempersiapkan buah hati dalam menghadapi berbagai bentuk tantangan di masa depan anak. Hal ini seperti ditulis oleh Arlinda mengenai manfaat Taekwondo bagi anak dan persiapan masa depan mereka di Kompasiana sebelumnya.

Taekwondo sebagai salah satu persiapan untuk masa depan anak. Foto: Dokpri
Taekwondo sebagai salah satu persiapan untuk masa depan anak. Foto: Dokpri
Pelatihan Taekwondo dapat diikuti dalam berbagai bentuk, baik dalam bentuk pelatihan reguler, maupun kursus private taekwondo. Apapun bentuk pelatihan ini, tentunya dilakukan pendampingan oleh para pelatih yang telah ditetapkan kriterianya oleh organisasi Taekwondo, baik secara daerah, nasional maupun internasional. Dengan pendapingan pelatih, pelatihan maupun kursus Taekwondo yang diikuti mengikuti tahapan yang telah matang.

Berbagai motivasi untuk mengikuti taekwondo tentunya ikut melatarbelakangi kenapa seseorang mengikuti Taekwondo. "Seseorang mengikuti pelatihan Taekwondo diantaranya memiliki motivasi termasuk diantaranya untuk menjaga stamina dan kesehatan, untuk bekal bela diri, melawan rasa takut, maupun disebabkan karena mengikuti jalur prestasi. Tentu motivasi keikutan peserta latihan ilmu bela diri ini diakomodir oleh Taekwondo," ungkap Sabeum Guntoro pada disela waktu pelatihan di Taman Film Bandung baru-baru ini.

"Pembantukan pondasi anak sejak dini akan sangat berarti bagi tumbuh dan kembangnya anak. Salah satunya dengan melatih diri anak secara teratur, karena dengan sendirinya melalui pelatihan itu akan terbentuk mental serta kepribadian yang tangguh," imbuh Sabeum Guntoro.

Lalu, dimana pelatihan Taekwondo dapat diikuti baik di Bandung? Begitu juga di kota, kabupaten, maupun wilayah lainnya?

Cukup banyak tempat pelatihan Taekwondo ini tersedia di Bandung, sehingga ada yang menyebut Bandung merupakan surganya bagi mereka yang ingin memilih tempat pelatihan Taekwondo ini. Beragam kelebihan pun tentunya dimiliki oleh masing-masing perguruan, baik dari sisi kedekatan lokasi dengan peserta, fasilitas, metode pelatihan yang diberikan, maupun hal-hal khusus lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan