Mohon tunggu...
Inggrit Nada
Inggrit Nada Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sedang mencari pengalaman menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menerapkan Alat Peraga Gerak pada Siswa SD Desa Wonoroto

23 Mei 2022   08:14 Diperbarui: 23 Mei 2022   08:17 98 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pada hari Minggu, 22 Mei 2022 mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan presentasi mengenai alat peraga gerak lurus pada sekelompok siswa Sekolah Dasar yang berada di Desa Wonoroto, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Ada dua pemateri dalam kegiatan ini, yaitu Aisa Winda Fatmawati dan Inggrit Nada Prahasdita.

Gambar Inggrit (atas) dan Aisa (bawah) sedang memberi materi
Gambar Inggrit (atas) dan Aisa (bawah) sedang memberi materi

Kegiatan presentasi kepada siswa SD ini dilakukan untuk memenuhi tugas mata kuliah IPA Fisika dengan dosen pengampu ibu Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pemateri memberikan pengantar materi terlebih dahulu kepada siswa mengenai gerak. Setelah memberikan pengantar materi, pemateri memperkenalkan media pembelajaran yang diberi nama Alat Peraga Kinematika. Tujuan dari pembuatan alat peraga ini adalah agar siswa dapat memahami materi GLB dan GLBB, agar siswa mengetahui cara kerja alat peraga dan agar siswa dapat menyimpulkan perbedaan GLB dan GLBB.

Gambar Alat Peraga Kinematika
Gambar Alat Peraga Kinematika

Bahan yang digunakan untuk membuat media pembelajaran ini sangat sederhana dan mudah didapatkan. Alat Peraga Kinematika terdiri dari 3 lintasan yaitu lintasan 1 untuk praktik GLB dan lintasan 2, 3 untuk praktik GLBB. Tidak hanya berisi lintasan, namun dalam Alat Peraga Kinematika dilengkapi dengan aneka hiasan lain seperti pohon, rumus dan penjelasan yang ditulis dengan menarik di sekeliling papan lintasan. Kelompok 3 berhasil mendapat nilai 80,1 yang merupakan total indeks rata-rata dari empat macam aspek berupa perfomance, kesesuaian, kesederhanaan, dan packaging. Penilaian dilakukan oleh mahasiswa semester 2 prodi PGSD UMP kelas D, yang dilakukan pada hari Senin, 13 Mei 2022.

Game raih bintang dilaksanakan sebelum peserta didik melaksanakan praktik. Game raih bintang adalah permainan menjawab pertanyaan dari pemateri kemudian yang benar akan mendapatkan bintang untuk ditukarkan hadiah. Hal ini dilakukan agar peserta didik termotivasi untuk memahami materi yang disampaikan.

Gambar salah satu siswa mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan
Gambar salah satu siswa mengangkat tangan sebelum menjawab pertanyaan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan