Mohon tunggu...
Ingatan Sihura
Ingatan Sihura Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kebersamaan keluarga suatu kebahagiaan sejati.

If You Don't Learn, You Will Die (Jika Engkau Tidak Belajar, Maka Engkau Akan Mati). Sering Membaca, Sering Menulis Bicara Teratur. Menulis adalah satu minat yang ingin diaplikasikan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gegewukho: Semut Kecil Namun Berbisa

26 Juli 2021   08:34 Diperbarui: 26 Juli 2021   08:42 479 14 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Semut. Sumber: https://www.kibrispdr.org/

GEGEWUKHO : SEMUT KECIL NAMUN BERBISA

Ada pepatah yang mengatakan : "Dimana ada gula, disitu ada semut". Pepatah ini rasanya tidak berlaku dengan Gegewukhu. Untuk Gegewukho tepatnya, "dimana ada tanah gembut disana gegewukho menyerang".

Gegewukho adalah sejenis semut yang berwarna hitam pekat dengan kepala besar dan panjang badan berukuran kurang dari 1 cm. Keberadaan Gegewukho dapat ditemukan di tanah gembut dibawah pepohonan. Mereka hidup berkelompok dan dalam jumlah banyak.

Bagi Orang Nias khususnya yang bertani ladang, jenis ini dekenal dengan semut mampu membuat orang yang diserangnya terkencing-kencing. Pernyataan ini memang benar adanya. 

Jika Gegewukho menyengat orang, sudah pasti bahwa bagian yang disengatnya itu akan bengkak, gatal, dan memerah. Selain itu, orang yang disengat itu langsung beraksi untuk buang air kecil.

Kejadian semacam ini sungguh memang dialami oleh Orang Nias yang khususnya bertani di ladang. Saat menemukan tanah bagian yang gambut, petani biasanya dengan penuh kehati-hatian mengais bagian itu. 

Jika tidak hati-hati, petani akan menjadi mangsa Gegewukho. Tidak jarang akhirnya, semut ini dianggap sebagai hama yang mengganggu dan sering kali dimusnahkan dengan membakar sekam diatas tumpukan tempat mereka ada.

Sekarang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana jika karena ketidakhati-hatian tersengat oleh Gegewukho? Bagaimana cara mengobatinya?

Jika tersegat Gegewukho, tidak usah kawatir obatnya sangatlah gampang yakni air yang dicampur dengan garam. Air dan garam akan menawar racun gigitan tersebut.

Walaupun demikian gampang menemukan obat penawarnya, pertanyaannya adalah: apakah setiap kali ke ladang membawa garam? Tentu tidak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan