Mohon tunggu...
Ingatan Sihura
Ingatan Sihura Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kebersamaan keluarga suatu kebahagiaan sejati.

If You Don't Learn, You Will Die (Jika Engkau Tidak Belajar, Maka Engkau Akan Mati). Sering Membaca, Sering Menulis Bicara Teratur. Menulis adalah satu minat yang ingin diaplikasikan.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Beberapa Trik agar terhindar dari Copet

6 Juli 2021   14:02 Diperbarui: 6 Juli 2021   14:09 51 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beberapa Trik agar terhindar dari Copet
Ilustrasi [Sumber: WordPress.com]

Beberapa Trik Agar Terhindar Dari Copet

Sejak dahulu hingga saat ini, angka perantauan yang dilakukan oleh Ono Niha atau Masyarakat Nias masih sangat tinggi. Bahkan akibat perantauan tersebut, ada saja yang akhirnya memilih untuk tinggal dan menetap di daerah perantauan. Mereka memilih untuk membeli sebidang tanah dan mendirikan tempat tinggal permanen.

Tidak jarang juga bahwa karena alasan keluarga yang masih tinggal, Ono Niha yang merantau selalu melakukan perjalanan pulang-pergi kampung halaman. Dalam perjalanan inilah, sejuta kesan yang baik dan buruk dialami. Mulai dari teman seperjalanan yang membantu, sampai kepada kejadian yang bermacam-macam dialami. Semua ini dilakukan bukan karena tidak ada alasan. Semua ini karena alasan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika saat ini orang dengan leluasa melakukan perjalanan jauh dan tidak merasa risih karena perasaan kecopetan, itu semua karena perkembangan zaman dan berbagai mode keamanan yang mutakhir. Untuk keuangan saat ini, orang tidak perlu membawa uang banyak-banyak, cukup membawa kartu kredit atau dengan aplikasi smartphone itu sudah bisa diatasi. Berbeda pada zaman dahulu, itu semua tidak ditemukan, sehingga memaksa orang zaman dahulu mencari akal untuk mengatasinya.

Salah satu pengalaman yang sempat disharingkan adalah bagaimana menyimpan uang atau barang berharga agar tidak kecopetan. Pengalaman ini pun pada akhirnya pernah saya praktekkan saat pertama kali saya melakukan perjalanan dari Pulau Nias tercinta hingga ke Selat Panjang, Kepulauan Seribu. Pengalaman yang mereka sharingkan sungguh sering terjadi di dalam kapal laut, di dalam bus, bahkan didalam terminal saat sedang istrahat.

Menyimpan Uang Atau Barang Berharga Di Pakaian Bagian Dalam.

Tempat penyimpanan yang pertama dan utama dan dijamin aman agar tidak kecopetan saat melakukan perjalanan adalah dengan menyimpannya di pakaian bagian dalam. Tempat penyimpanan tersebut adalah di celana dalam kalau laki-laki dan atau di dalam bra bagi perempuan.

Tempat ini merupakan bagian yang sangat sensitif dan sungguh tidak dapat dicurigai. Jika pun dicurigai disimpan di sana, hanyalah ancaman nyawa dan penelanjangan yang dapat mencapainya. Hal ini pun jika dilakukan, kita dalam keadaan sadar dan bisa melakukan perlawanan.

Menggunakan Tempat Berbunyi Dan Berlapis.

Jika membawa dokumen berharga dan penting janganlah hanya disimpan begitu saja. Diusahakan bahwa dimasukkan kedalam plastik secara berlapis. Hal ini pertama-tama menghindari untuk basah. Selain itu jika ada copet, pasti akan mengeluarkan gemuruh dan akan membuat kita tersadar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x