Mohon tunggu...
Ingatan Sihura
Ingatan Sihura Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kebersamaan keluarga suatu kebahagiaan sejati.

If You Don't Learn, You Will Die (Jika Engkau Tidak Belajar, Maka Engkau Akan Mati). Sering Membaca, Sering Menulis Bicara Teratur. Menulis adalah satu minat yang ingin diaplikasikan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Olahraga Sore

1 Juli 2021   19:31 Diperbarui: 1 Juli 2021   19:39 108 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Olahraga Sore
Suasana Tari Pelepah Pinang [Dok. Pribadi]

Hari ini saya pulang kerja agak cepat, pukul 16.20 wib sudah sampai rumah. Sesampai di rumah, saya melihat ada pelepah pinang yang baru jatuh. Saya kemudian mengingat permainan tahun 90-an yang tidak lain adalah bergantian tarik pelepah pinang. Saya pun memutuskan mengajak adek dan anak kecilku bermain tarik pelepah pinang, sembari melepas tawa riang.

Dengan mengingat peristiwa masa kecil ini, membuat pikiran kembali mengenang akan peristiwa yang bisa dikatakan sebenarnya bermain namun sembari juga olah raga untuk mengeluarkan keringat. Peristiwa ini pun membuat istri tidak berhenti tertawa dan mengabadikan momen ini.

Lari sore ditemani 2 anjing kesayangan [Dok. Pribadi]
Lari sore ditemani 2 anjing kesayangan [Dok. Pribadi]

Setelah melepas tawa riang dengan tarik pelepah pinang, saya merasa hanya berkeringat sedikit dan memutuskan untuk melanjutkan olah raga sore. Saya lari sore dengan mendaki bukit dimana kami tinggal. Sekali putaran, saya sangat berkeringat merasakan beberapa manfaatnya.

Manfaat pertama yang saya alami adalah sakit kepala reda. Dengan lari sore kali ini, sakit kepala yang saya alami sejak pulang kantor sedikit reda. Sakit kepala yang juga dibarengi dengan beban pikiran karena pekerjaan jadi hilang. Hal ini di dukung dengan pemandangan lereng bukit tempat kami berada yang langsung mengarah ke pantai.

Manfaat kedua adalah badan kembali bugar. Seperti biasa kalau setelah olah raga, keringat keluar, badan akan menjadi bugar kembali. Dengan berlari serta mendaki lereng juga membuat otot dan sendi semakin kita. Semua ini juga membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi ini.

Manfaat ketiga adalah mengingat kembali cara olah nafas saat berlari. Badan yang mulai menunjukkan tanda-tanda kegemukan tentu sudah pasti akan cepat mengalami ngosngosan. Namun kebiasaan dulu yang juga sempat mengikuti taekwondo, tentu kembali teringat bagaimana cara mengolah nafas. Cara mengolah nafas juga merupakan salah satu cara melatih otot jantung agar tetap awet. Jadi walaupun badan yang mulai gemukpun, ngosngosan bisa diatasi.

Pada akhirnya, olah raga sangatlah penting bagi semua orang, terutama pekerja kantor yang jarang bergerak dan hanya duduk. Mengeluarkan keringat lewat olah raga sangatlah membantu demi menjaga imun tubuh tetap fit. Ayo! Mari luangkan waktu untuk berolah raga. Salam sehat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x