Mohon tunggu...
Ingatan Sihura
Ingatan Sihura Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kebersamaan keluarga suatu kebahagiaan sejati.

If You Don't Learn, You Will Die (Jika Engkau Tidak Belajar, Maka Engkau Akan Mati). Sering Membaca, Sering Menulis Bicara Teratur. Menulis adalah satu minat yang ingin diaplikasikan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bisnis Online Kerja Sampingan Istriku

19 Juni 2021   11:00 Diperbarui: 19 Juni 2021   11:06 182 16 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisnis Online Kerja Sampingan Istriku
Ilustrasi Barang Online [Dok. Pribadi]


BISNIS ONLINE KERJA SAMPINGAN ISTRIKU

Siapa sangka, orang yang hanya duduk dan memainkan handphone (Hp) dapat dengan mudah mendapatkan tambahan penghasilan keluarga. Demikianlah seorang ibu satu anak, yang tidak lain adalah istriku sendiri. Ia yang setiap kali pulang kerja, menjaga anak dan kemudian menyempatkan diri membuka Hp. Dalam setiap kali kami berdiskusi, saya menyempatkan diri bertanya, kok jualan "Mama Sayang" laris terus ya? Ia kemudian bercerita, dan ceritanya ingin saya bagikan. Sungguh, logikanya di luar dugaan saya.

Bagaimana Mama mulai bisnis online ini?

Bisnis ini dimulai dengan bergabung ke aplikasi belanja online di Shopee dan Tokopedia, dan Lazada menjadi member. Setelah bergabung, disana ada banyak tawaran barang dengan harganya. Dari gambar dan harga inilah kemudian ditawarkan kembali ke orang lain melalui Facebook, WhatsApp, dan bisa juga langsung ke orangnya ketika bertemu.

Setiap barang yang dibelanjakan, berapa untuknya diambil?

Keuntungan yang didapatkan dari barang yang dibelanjakan, itu beragam. Namun tergantung juga dengan jumlah pesanan. Tepatnya, keuntungan yang diambil barang yang dibelanjakan oleh orang, antara Rp. 5.000.- sampai Rp. 10.000.- saja. Biar pun keuntungan ini hanya sedikit, tetapi oleh karena banyaknya barang yang dibelanjakan, keuntungan itu bisa juga menggembirakan hati.

Bagaimana dengan ongkos kirim barang tersebut, kepada siapa dibebankan?

Biasanya, ongkos kirim itu dibebankan kepada orang yang membelanjakan barang. Namun hal ini menjadi terus membebankan kepada orang yang membelanjakan barang. Kalau dengan saya berbeda dan inilah yang membedakan saya dengan member yang lain. Selain keuntungan yang hanya sekedar pengganti uang paket saja, saya selalu memaksimalkan promo gratis ongkir di setiap penawaran. Jika barang yang dibelanjakan mendesak untuk digunakan, maka saya berusaha menggabungkannya dengan beberapa barang lain dan ongkos kirim itu dibagi rata dengan beberapa barang tersebut. Dengan demikian, harga barang yang dibeli tersebut sangat terjangkau oleh kemampuan orang yang membeli.

Selain keuntungan dari penjualan tersebut, keuntungan apa lagi yang didapatkan dari aplikasi belanja online itu?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN