Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Administrasi - Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mewujudkan Net-Zero Emission Mulailah dari Kehidupan Sehari-hari

23 Oktober 2021   20:44 Diperbarui: 23 Oktober 2021   21:12 140 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prajurit TNI di wilayah Korem 011/Lilawangsa, Aceh, harus selalu membawa air minum dalam botol minuman yang tidak sekali pakai (Foto: Tagar/Laung)

Pada tahun 2050 emisi nol sudah tercapai dengan catatan semua negara menerapkan berbagai kebijakan di berbagai sektor terkait dengan Net-Zero Emission (NZE) - emisi nol bersih, yaitu pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), menurunkan intensitas energi (efisiensi energi), Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM) dan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Jika dunia ditargetkan mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050, Indonesia sendiri menargetkan NZE selambat-lambatnya bisa dicapai pada tahun 2060.

Tentu saja untuk mencapai NZE tidak semudah membalikkan telapak tangan karena banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti biaya, teknologi dan sumber daya manusia (SDM). Tapi, perlu diingat salah satu faktor yang sangat penting dalam mewjudkan NZE adalah kesediaan masyarakat dunia untuk beralih ke teknologi dan produk-produk ramah lingkungan yang juga dikenal sebagai energi hijau.

Bio Hotel di Bogot DC, Kolombia, Amerika Selatan, memanfaatkan ruang dengan tanaman dan menyediakan sepeda (Sumber: inhabitat.com)
Bio Hotel di Bogot DC, Kolombia, Amerika Selatan, memanfaatkan ruang dengan tanaman dan menyediakan sepeda (Sumber: inhabitat.com)

Di tingkat pemerintahan NZE tergantung pada pemakaian batu bara, terutama untuk pembangkit listrik, penggunaan minyak bumi yang berasal dari fosil yang dikenal sebagai bahan bakar minyak (BBM) dan gas. Mendukung sumber energi bersih melalui BBM nonfosil yaitu angin, matahari, panas bumi, dan proyek pembangkit listrik tenaga air serta energi biomassa.

Uni Eropa sudah mematok tahun 2030 tidak akan mengizinkan kendaraan bermotor, seperti motor, mobil, bus dan truk memakai BBM dengan beralih ke tenaga listrik dalam hal ini baterai (alat untuk menyimpan dan membangkitkan aliran listrik). Maka, yang diperbanyak bukan lagi SPBU, tapi pusat-pasat pengisian baterai (charger).

Pengalihan BBM ke tenaga listrik dari aspek ekonomi menguntungkan bagi warga dan pemerintah. Pada gilirannya secara ekonomis akan meningkatkan pendapatan per kapita warga dan menyehatkan perekonomian negara.

Pertanyaannya kemudian adalah: Apakah dunia bisa mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050?

Ada studi yang menunjukkan hal itu bisa tercapai dengan berbagai perubahsan yang sangat mendasar, terutama komitmen pemerintah dan kesiapan warga dunia menghadapi perubahan global dalam pemakaian energi.

Langkah kecil yang merupakan lompatan besar ke depan antara lain mengurangi emisi CO2 ke atmosfer dengan tidak memakai peralatan yang mengeluarkan gas CO2. Hal ini akan menahan laju pemanasan global sampai 1,5 derajat Celsius sehingga dunia terhindar dari gelombang panas ekstrem, kekeringan dan banjir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan