Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Blogger

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup highlight

Lari, Olahraga Murah yang Berhadiah Besar

12 Oktober 2017   10:03 Diperbarui: 12 Oktober 2017   10:13 1143 2 1
Lari, Olahraga Murah yang Berhadiah Besar
Ilustrasi: Mandiri Jakarta Marathon 2016 (Sumber: You Tube)

Mens sana in corpore sano.Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat. Salah satu cara yang murah meriah dan mudah dilakukan untuk kebugaran adalah lari (jogging). Olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan peralatan khusus. Bukan hanya untuk kesehatan belaka, lari juga diperlombakan dengan hadiah yang besar.

Dari aspek medis lari merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kebugaran tubuh sehingga tetap fit dengan kondisi prima. Lari bisa melancarkan aliran darah yang mendorong kerja otot dan jantung. Dengan lari 1 jam tubuh membakar  1.000 kalori. Pakar-pakar kesehatan menganjurkan agar lar setiap hari selama 20-30 menit.

Lari sebagai olahtubuh sudah dikenal sejak peradaban manusia kuno, yang kemudian jadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingan secara internasional di berbagai kejuaraan, seperti kejuaraan atletik internasional dan olimpide. Pelari akan terus berlatih agar bisa memecahkan rekor, terutama rekor dunia dan olimpiade.

Lari adalah salah satu cabang ateltik yang merupakan induk dari semua olahraga. Dalam beberapa cabang olahraga lari menjadi kunci, seperti sepakbola, basket, baseball, rugby, bolatangan, dll. Pesebakbola akan kehilangan bola kalau larinya tidak kencang.

Sebagai cabang olahraga, lari terdiri atas beberapa kelompok, yaitu:  jarak pendek (sprint), lari gawang, lari halang rintang, dan yang sangat terkenal adalah sprint 100 meter dan marathon. Kecepatan seorang pelari sangat tergantung pada panjang langkah dan jumlah langkah setiap satuan waktu.

Rekor 100 meter putra, dengan pencacat elektronik, dipegang oleh Usain Bolt, Jamaika, dengan waktu 9,58 detik yang dia ukir di Berlin, Jerman tahun 2009. Sedangkan rekor putri, dengan pencatat elektronik, dipegang oleh Florence Griffith Joyner, AS, dengan catatan waktu 10,49 detik di Indianapolis, AS, tahun 1988.

Sedangkan martathon merupakan olahraga lari yang paling banyak digemari di dunia yang bisa dilihat dari lomba marathon sepanjang tahun di banyak negara. Asal-usul maratahon sendiri bermula ketika Pheidippides, seorang pembawa pesan kemenangan perang tentara Yunani dari Athena yang mengalahkan tentara Persia di Teluk Marathon, Yunani, pada tahun 490 SM. Pheidippides berlari tanpa henti dari Marathon ke Athena, setibanya di Athena Pheidippides meninggal karena kelelahan.

Marathon menempuh jarak 42,195 kilometer yang ditetapkan oleh, International Amateur Athletic Federation (IAAF) tahun 1921. Rekor pria dipegang oleh Tsegaye Kebede, Ethiopia, dengan catatan waktu 2:04:38 yang dicatatkannya di Chicago tahun 2012. Rekor putri dipegang oleh Deena Kastor, AS, dengan catatan waktu 2:19:36 yang ditorenkan Kastor di London tahun 2006.

Hadiah yang disediakan pada lomba marathon pun tidak tanggung-tanggung, seperti Standard Chartered Dubai Marathon yang memberikan hadiah uang kontan kepada pemenang pertama pria dan wanita masing-masing 200.000 dolar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar (kurs Rp 13.500/dolar AS). Maka, tak mengherankan kalau kemudian di setiap lomba marathon pesertanya berasal dari negara-negara di seluruh penjuru dunia. Ada 10 lomba marathon dunia dengan hadiah besar (Lihat Tabel 1)

hadiah-marathon-59deda9646b8d7764b727142.jpg
hadiah-marathon-59deda9646b8d7764b727142.jpg

Hadiah yang disediakan pada lomba-lomba marathon itu memang benar-benar menggiurkan. Tapi, satu hal yang perlu diingat persaingan sangat ketat karena diikuti oleh juara-juara marathon, terutama dari Afrika. Selain itu perlu juga modal yang tidak sedikit ke tempat perlombaan. Mulai dari ongkos kapal terbang, hotel dan makan.

Makanya, tak usahlah pusing-pusing memikirkan biaya ke tempat-tempat perlombaan marathon itu karena di Jakarta pun ada lomba marathon kelas internasional yaitu Mandiri Jakarta Marathon yang didukung oleh Bank Mandiri. Lomba Mandiri Jakarta Marathon dijalankan sesuai dengan aturan dari International Association of Athletics Federations(IAAF), Association of International Marathons and Distance Races(AIMS) dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia(PASI) tentang pelaksanaan lomba jalan raya.

kategori-lari-59dedaa7486932389e25a3d2.jpg
kategori-lari-59dedaa7486932389e25a3d2.jpg

Tahun ini lomba akan diselenggarakan tanggal 29 Oktober 2017 di Jakarta yang dimulai (gun time/start flag) pukul 05.00. Ada beberapa kategori lari yang diperlombakan pada Mandiri Jakarta Marathon 2017 (Lihat Tabel 2). Anda tinggal memilih sesuai dengan kriteria, bahkan ada juga untuk anak-anak umur 5-10 tahun. Itu artinya ayah, ibu dan anak-anak bisa sekaligus ikut lomba ini. Disediakan hadiah untuk pemenang yang besarannya akan diumumkan menjelang hari "H" Mandiri Jakarta Marathon 2017

Ayo, jangan ketinggalan segera daftarkan diri Anda, istri dan anak-anak sekalian dengan mertua juga boleh melalui situs resmi Jakarta Marathon 2017: https://thejakartamarathon.com/2017. (dari berbagai sumber).*