Mohon tunggu...
Syaiful W. HARAHAP
Syaiful W. HARAHAP Mohon Tunggu... Lainnya - Peminat masalah sosial kemasyarakatan dan pemerhati berita HIV/AIDS

Aktivis LSM (media watch), peminat masalah sosial kemasyarakatan, dan pemerhati (berita) HIV/AIDS

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apakah Buah Merah Bisa Menyembuhkan HIV/AIDS?

10 Januari 2014   05:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:58 418 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
1389306931817439336

Tanya Jawab AIDS No 2/Januari 2014

Pengantar. Tanya-Jawab ini adalah jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dikirim melalui surat, telepon, SMS, dan e-mail. Jawaban disebarluaskan tanpa menyebut identitas yang bertanya dimaksudkan agar bisa berbagi informasi yang akurat tentang HIV/AIDS. Jawaban yang sudah dikirim melalui SMS, e-mail, dll. tanpa menyebut identitas bisa Anda baca dan ikuti  di “AIDS Watch Indonesia” (http://www.aidsindonesia.com). Yang ingin bertanya, silakan kirim pertanyaan melalui: (1) Surat ke LSM ”InfoKespro”, PO Box 1244/JAT, Jakarta 13012, (2) Telepon (021) 4756146, (3) e-mail aidsindonesia@gmail.com, dan (4) SMS 08129092017. Redaksi.

*****

Tanya: Lima hari yang lalu saya melakukan hubungan seksual pertama kali tanpa kondom. Setelah kejadian itu selangkangan saya pegal. (1) Apakah saya sudah terkena AIDS? (2) Apakah buah merah bisa menyembuhkan AIDS?

- Via SMS, 29/12-2013

Jawab: (1) Yang Anda lakukan memang berisiko tertular HIV. Kemungkinan tertular melalui hubungan seksual tanpa kondom, di dalam dan di luar nikah, dengan yang mengidap HIV/AIDS adalah 1:100. Artinya, dalam 100 kali hubungan seksual ada satu kali risiko penularan. Persoalannya adalah tidak bisa diketahui dengan pasti pada hubungan seksual yang keberapa terjadi penularan HIV. Bisa yang pertama, ketiga, kedua puluh, kesembilan puluh, dst. Persoalan lain adalah Anda tidak bisa memastikan apakah pasangan Anda tsb. Mengidap HIV atau tidak. Maka, Anda berisiko tertular HIV. Tapi, gejala yang Anda sebutkan tidak ada kaitannya secara langsung dengan HIV/AIDS.

(2) AIDS bukan penyakit tapi kondisi seseorang yang sudah tertular HIV antara 5-15 tahun. Maka, AIDS tidak bisa disembuhkan. Sedangkan HIV adalah virus penyebab AIDS. Semua jenis virus tidak bisa dimatikan di dalam tubuh. Maka, buah merah tidak bisa menyembuhkan HIV/AIDS.

Lagi pula kalau buah merah bisa menyembuhkan HIV/AIDS tentulan tidak ada orang di Tanah Papua, tempat buah merah tumbuh, yang mengidap HIV/AIDS. Fakta menunjukkan belasan ribu orang di Papua mengidap HIV/AIDS.

Untuk menghilangkan kekhawatiran Anda ada baiknya menjalani tes HIV, tapi tes HIV baru akurat setelah tiga bulan dari tanggal Anda melakukan perilaku berisiko tertular HIV.***

- AIDS Watch Indonesia/Syaiful W. Harahap

[Sumber: http://www.aidsindonesia.com/2014/01/apakah-buah-merah-bisa-menyembuhkan.html]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan