Mohon tunggu...
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan

AKUN RESMI yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk menyampaikan informasi/ artikel terkait program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk pengaduan atau pertanyaan bisa menghubungi Care Center 165 atau mention di media sosial official kami baik di Instagram, Facebook atau Twitter. Bisa juga langsung menghubungi PANDAWA melalui nomor 0811 8 165 165

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Gosip Dokter Judes Jika Layani Peserta JKN, Vina: Nggak Benar Itu!

8 November 2022   08:47 Diperbarui: 8 November 2022   09:28 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi BPJS Kesehatan

Pekalongan -- Tidak bisa dipungkiri kebahagiaan orang tua adalah melihat anak tercintanya sehat dan beraktivitas dengan ceria. Tawa merekalah yang menghapus lelah setelah seharian bekerja. Namun ketika anak jatuh sakit, bukan hanya lelah fisik yang terasa, namun beban pikiran pun semakin bertambah. 

Hal inilah yang sedang dialami oleh Vina Ayu Safitri (24), ibu dari seorang putera yang usianya baru satu tahun harus bersabar mendengar isak tangis anaknya karena sedang sakit demam. Saat berobat di dokter keluarga terdaftarnya di Kota Pekalongan, ia mengaku bahwa adanya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sungguh memberinya ketenangan dan kepuasan karena dilayanai dengan baik oleh dokternya. 

"Akhir-akhir ini kondisi cuaca sangat ekstrem sedangkan anak saya sedang aktif bermain di luar rumah. Apa mau dikata risikonya ya bisa sakit seperti sekarang ini. Badannya demam dan menangis terus. Alhamdulillah ini sudah dapat obat dari dokter, pelayanannya sangat memuaskan. Dokternya baik, penjelasannya membuat saya tenang. Dengan adanya Program JKN ini, saya jadi bisa memeriksakan anak saya yang sakit tanpa kepikiran biayanya," ungkap Vina, Selasa (01/11). 

Vina terdaftar pada kepesertaan JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), tanggungan suaminya yang bekerja di pabrik. Ia merasa pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada anaknya sungguh di luar dugaan. Pasalnya, di lingkungan sekitar tempat tinggalnya masih ada saja persepsi negatif mengenai pelayanan BPJS Kesehatan, sedangkan apa yang ia terima berbanding terbalik dari itu semua. Semua pelayanan yang diberikan dokter keluarga tempatnya terdaftar benar-benar dilakukan dengan hati. "Katanya dokter-dokter untuk peserta JKN itu judes, membedakan pelayanan dan macam-macam isu lainnya lah. Faktanya itu semua salah lho. Nggak benar itu. Anak saya diperiksa dengan profesional dan sama sekali tidak menganggap remeh atau bahkan mengesampingkan kami. Padahal dokter saya ini tidak hanya melayani peserta JKN tapi juga asuransi komersial lain dan pasien umum," jelasnya. 

Lebih lanjut Vina mengaku sangat bersyukur sudah menjadi bagian dari Program JKN dan berharap BPJS Kesehatan sebagai pengelola terus melakukan inovasi demi kemudahan peserta. "Sekarang saya sudah punya Aplikasi Mobile JKN yang bisa dibawa ke mana-mana karena ada Kartu Digitalnya. Jadi waktu mau periksa bisa langsung pakai. Semoga setelah ini juga kami nantikan terobosan-terobosan lainnya," ungkap Vina. (dw/pa)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun