Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... www.lamhotsitumorang.my.id

Hanya seorang petani biasa yang ingin belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Jika Trump Tumbang Kemungkinan Amerika Akan Banyak Bentrok Antara Pendukung

6 November 2020   12:05 Diperbarui: 6 November 2020   14:29 110 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jika Trump Tumbang Kemungkinan Amerika Akan Banyak Bentrok Antara Pendukung
Gambar Trump dan Biden | kompas.com

Hasil rekapitulasi pemilihan calon presiden di Amerika sudah mendekati tahap akhir, namun perubahan angka elektoral masih bertahan pada posisinya yaitu 264 untuk Joe Biden dan 214 untuk petahana Donald Trump.

Akan tetapi, mungkin akan ada aksi protes dari berbagai kalangan dan daerah yang dapat berujung bentrokan, ini merupakan akibat dari sikap Trump yang tidak bisa menerima kekalahan. Pada akun Twitternya juga ia sering menyerukan tindakan berbau provokasi dan intimidasi dan selalu menyudutkan Joe Biden.

Ia berkehendak jika hasil akhir pemungutan suara tidak berpihak pada Donald Trump, mungkin ia akan dengan sengaja memperburuk situasi di Amerika Serikat dengan menggunakan para pendukungnya untuk melancarkan kekecewaannya.

Tinggal menunggu hasil dari negara Nevada yang jadi penentu kemenangan mutlak Biden jika ia berhasil memperoleh 6 suara elektoral lagi, yang berarti menggenapi syarat pemenang pilpres AS sebanyak 270 suara elektoral.

Para pendukung Biden berharap bahwa hasil pemilihan presiden akan diputuskan di negara bagian Nevada, yang dapat menambah enam suara elektoral lagi untuk Biden.

Sebelumnya, media berita di Amerika menulis bahwa menjelang pemilihan presiden di sejumlah negara bagian Amerika telah terjadi pembelian senjata dan amunisi  secara besar-besaran. Alasannya penduduk Michigan membeli senjata karena takut jika kemungkinan kerusuhan akan terjadi setelah pemilihan presiden berlangsung, dilansir dari news.sky.com (6/11/20).

Jika melihat pilpres tahun 2016 lalu, ketika hasil surat suara berhasil direkap secara online dan menunjukkan hasil maka bisa disimpulkan siapa pemenangnya. Tetapi sekarang kita harus menunggu paling tidak selama seminggu untuk hasil penghitungan manual yang resmi.

Kelompok pendukung Trump terlihat merasa paling benar begitu juga dengan pendukung Biden. Mereka saling tuduh berprilaku radikal untuk membela para kandidatnya masing-masing.

Jadi faktor ini dapat memicu bentrok di dua belah pihak pendukung, seperti yang diketahui Donald Trump tipe orang yang berambisi dan juga selalu membuat keputusan-keputusan kontroversi.

Untuk meredam hal ini Trump harus bisa mengendalikan ambisinya untuk melanjutkan ke periode kedua jika dirinya kalah secara sah, karena dengan demikian pendukung akan berdamai sesama pendukung. Ini yang akan membuat Amerika akan tetap damai meskipun beda pilihan, dan ekonomi Amerika juga tidak akan terganggu atas kejadian ini.

VIDEO PILIHAN