Mohon tunggu...
Situmorang
Situmorang Mohon Tunggu... Hanya seorang petani biasa yang ingin belajar menulis

Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Tetapi, Pengetahuan dapat merubah cara berpikir dalam persahabatan. ~ L.Situmorang ~

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Ternyata Begini Sistem Pesawat Terbang Berkomunikasi ke Bandara

17 Oktober 2020   15:31 Diperbarui: 17 Oktober 2020   15:36 62 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ternyata Begini Sistem Pesawat Terbang Berkomunikasi ke Bandara
Sumber gambar mobey.kompas.com

Kita semua tahu pilot dialog dari antara menara ke menara dan pilot ke menara itu tidak sesederhana yang dibayangkan. 

Alat pandu navigasi Radio Frekuensi (RF) dan komunikasi udara dan darat memiliki tempat yang sangat penting untuk penyesuaian tepat untuk penerbangan yang terencana dan aman .

Alat navigasi RF digunakan untuk penerbangan regional ; ADF / NDB (Pencari Arah Otomatis), VOR (VHF Omnidirectional Range) , Peralatan Pengukur Jarak (DME). Pada artikel ini, membahas informasi tentang struktur dari prinsip perangkat DME.


DME adalah panduan navigasi RF jarak pendek dan menengah (hingga 200 NM) yang mengukur jarak pesawat dari stasiun darat tertentu dalam satuan mil laut (NM) .

Biasanya perangkat radio udara menerima informasi jarak dari DME informasi arah dari sistem VOR untuk korteks, sehingga sistem DME dan VOR bekerja sama.

Sistem DME ke VORSistem DME beroperasi pada saluran UHF antara 962-1213 MHz dengan prinsip Radar bantu/sekunder. Dalam rentang ini, dalam mode X yang menembakkan ke 252 pulau total masing-masing 126, dari Y. 

Ada perbedaan 63 MHz antara sinyal tanya jawab tergantung pada mode X dari Y. Setiap stasiun bumi memancarkan identifikasi sinyal dalam kode morse pada 1350 Hz. 

Radar Sekunder mengirimkan sinyal interogasi berdaya rendah ke target tertentu yang berhubungan dengan Radar pengintai pengintaian. Setelah platform udara target menerima sinyal, ia menganalisis, menghasilkan respons sinyal dalam format tertentu dan mengirimkannya ke radar sekunder.


Radar Sekunder telah dikembangkan untuk membedakan platform udara dan mengambang sahabat dari elemen musuh dalam Perang Dunia II. Radar antena sekunder banyak area aplikasi di luar tetapi digitalisasi sebagai dasar untuk DME.

Stasiun nose dari DME memiliki sistem transponder (terdiri Darietransponder: penerima ke (Rx) dari pemancar (Tx)) dari unit prosesor menghasilkan dan mengaliri sinyal.

Di platform udara juga memiliki system penerima dari unit pemancar processor yang mengalir membuat kalkulasi yang diperlukan signal dari pemancar.

Signal RF yang diterima oleh penerima stasiun bumi DME disimpan untuk sementara waktu selama (50 microdetik) dan kemudian dipancarkan kembali ke platform udara sebagai sinyal respons pada frekuensi yang berbeda oleh pemancar. 

Ada perbedaan frekuensi 63 MHz antara sinyal tanya dari jawab. Sinyal yang ditanam dari stasiun bumi diterima oleh penerima platform udara. Sinyal waktu yang tanam dan diterima oleh sistem pemancar di platform udara ditentukan. 

Kemudian jarak platform udara ke stasiun bumi dihitung oleh prosesor unit dari waktu perjalanan sinyal, dengan mempertimbangkan waktu tunda.


Persamaan berikut digunakan dari dalamPerhitungan ini, kecepatan sinyal diketahui (kecepatan cahaya: 300000 km / detik = 0,162 NM / s) prinsip pengukuran jarak dengan DME.

Sistem komunikasi pesawat terbang dengan bandara memiliki fitur pita frekuensi sistem operasi DME, ini bekerja dengan prinsip Line of Sight (LoS), dengan kata lain, tidak boleh ada halangan antara stasiun darat atau bandara dengan sistem perangkat udara dari DME, dan mereka harus terhubung satu sama lain secara langsung.

Jarak maksimum LoS antara stasiun bumi dari platform DME udara dihitung dengan menggunakan persamaan.

Stasiun DME juga memiliki kemampuan merespon sangat cepat, sehingga tidak mengirimkan sinyal jawaban ke setiap pertanyaan sinyal dan hanya sinyal yang bertanya yang direspon. Setiap
stasiun darat kebdali  DME memiliki jumlah kapasitas untuk melayani sekitar 100 pesawat diwaktu bersamaan.

Stasi di terutama menanyakan pertanyaan sinyal yang diterimanya dengan kualitas terbaik, tidak ada pertanyaan sinyal melebihi capacitasnya, yaitu tidak mengirimkan sinyal jawaban.

Jarak yang diukur oleh areal platform adalah jarak langsung antara platform dari ground station, bukan jarak proyeksi di bumi. Untuk alasan ini, platform arloji udara berada tepat di atas stasiun bumi, menunjukkan ketinggian platform, bukan "nol".

Simbol stasiun bumi DME pada peta navigasi biasanya berbentuk persegi, dan simbol kombinasi yang muncul saat bekerja dengan sistem navigasi yang berbeda ditunjukkan. 

Unit pemilihan frekuensi digunakan untuk membina stasiun DME yang diinginkan di platform udara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN