Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... www.lamhotsitumorang.my.id

Hanya seorang petani biasa yang ingin belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kisah Sejarah Serangan Zonguldak The Great Miners (Part 1)

13 Oktober 2020   17:48 Diperbarui: 13 Oktober 2020   18:03 70 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Sejarah Serangan Zonguldak The Great Miners (Part 1)
Foto Kompas.com(Ostarbeiter", Pekerja Paksa yang Jadi Korban Nazi di Perang Dunia)

"Jika kami harus bekerja untuk hidup, kami tidak akan mati tanpa perlawanan." The Weavers of Lyon, 1831

Pada tahun 1848 Seorang pria berusia antara 13-50 yang tinggal di Zonguldak saat itu dikenal sebagai Eregli Sanjak diwajibkan untuk bekerja di tambang. Kerja paksa berlanjut hingga 1960.

Tahun 1908 pekerja yang bekerja di tambang yang dioperasikan oleh perusahaan Perancis melakukan pemogokan menuntut agar biaya kesehatan yang didirikan untuk mereka ditanggung oleh majikan permintaan itu pun disetujui saat itu.

Pada 1965 Maret perlawanan hebat pecah di Kozlu. Dua pekerja tewas akibat kebakaran yang dilakukan oleh aparat penegak hukum, manajemen serikat buruh mengikuti sikap untuk berdamai dan tuntutan tidak dipenuhi tersebut segera dipenuhi agar tidak ada pemogokan kerja.

Tahun 1969 para pekerja tambang di Alpagut menduduki tambang setelah berbulan-bulan gaji tidak dibayar. Setelah 35 hari melakukan perlawanan supaya majikannya juga menerima tuntutan mereka disetujui.

Latar belakang gerakan buruh tahun 80-an

Privatisasi pemerintahan Margaret Thatcher di Inggris dan gelombang pemogokan berikutnya menjadi contoh bagi berbagai belahan dunia.

1986 Pemogokan besar pertama setelah 12 September 1980 kudeta di Turki terjadi pada tahun 1986 Pemogokan Neta. 

1989 The "89 Spring Actions" yang timbul dari tuntutan pekerja publik untuk berserikat dibuat.

Pada malam festival pada tanggal 18 Agustus 1988, ketika para pekerja di Tambang Kilimli di Zonguldak kembali ke ruang ganti setelah selesai bekerja, mereka menemukan bahwa lemari mereka tidak pada tempatnya. 

Mulut cerobong asap di Kilimli ditutup dan tambang tersebut dipindahkan ke tambang lain yang beroperasi di wilayah Karadon. Alasan yang ditunjukkan adalah bahwa efisiensi yang cukup tidak dapat diperoleh dari tungku. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x