Mohon tunggu...
Situmorang
Situmorang Mohon Tunggu... Hanya seorang petani biasa yang ingin belajar menulis

Pengetahuan tidak dapat menggantikan persahabatan. Aku lebih suka jadi idiot dari pada kehilanganmu -Patrick Star-

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP Prancis: Petrucci Juara, Ducati Taklukkan Honda dan Yamaha di Lintasan Basah

11 Oktober 2020   21:38 Diperbarui: 11 Oktober 2020   21:41 17 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MotoGP Prancis: Petrucci Juara, Ducati Taklukkan Honda dan Yamaha di Lintasan Basah
Petrucci juara MotoGP Prancis, foto: kompas.com

Pembalap Ducati Danilo Petrucci secara sensasional memenangkan Grand Prix Prancis MotoGP cirkuit yang basah secara dramatis dan di posisi kedua merupakan pembalap pendatang baru Honda yaitu Alex Marquez.

Hujan deras beberapa saat sebelum balapan akan berlangsung memaksa penundaan singkat, dengan balapan segera dinyatakan basah untuk pertama kalinya sejak GP Valencia 2018.

Cal Crutchlow dari LCR memimpin dengan sangat singkat saat berlari ke atas bukit menuju chicane Dunlop dari garis, tetapi Jack Miller dari Pramac yang memimpin di Tikungan 3.

Kecelakaan yang dialami Valentino Rossi memaksa rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales, Mir Suzuki, dan Aprilia Aleix Espargaro untuk mengambil tindakan menghindari melalui chicane pembuka yang juga menjatuhkan Vinales dan Mir dari poin.

Di tengah kekacauan, Andrea Dovizioso dan Petrucci di pabrikan Ducati pindah ke belakang Miller, dengan polisi Quartararo di urutan keempat tetapi segera dia mendapat tekanan besar dari orang-orang di belakangnya saat dia berjuang dengan Petronas SRT Yamaha di balapan MotoGP basah pertamanya.

Petrucci menemukan jalan melalui Miller di Blue Esses menjelang akhir lap pertama, dengan Dovizioso dengan cepat mengikutinya.

Trio Ducati terdepan dengan cepat membangun penyangga untuk pengejaran, yang segera dipimpin oleh Alex Rins di Suzuki, yang naik ke posisi keempat dari posisi 16 di grid dengan lap empat setelah ban hujan mediumnya mencapai suhu.

Rins kemudian mulai mengejar Ducati, dan pada lap 11 berada di bawah satu detik di belakang Miller.

Suzuki akhirnya menemukan cara melewati Miller di lap 15 di Tikungan 3, meski sempat dilewati kembali di Garage Vert beberapa saat kemudian.

Pada lap ke-18, Dovizioso membuat langkah sukses untuk memimpin atas Petrucci saat berlari melalui tikungan pertama dan akan menahan serangan balik di Garage Vert.

Kedua Ducati keluar dari tangan kanan ganda secara berdampingan dan menyentuh di tikungan berikutnya, sementara Rins meluncurkan bagian dalam Dovizioso untuk mengambil posisi kedua di belakang Petrucci.

Tuduhan Miller akan berakhir kejam hanya satu lap kemudian ketika Pramac GP20-nya berakhir pada lap berikutnya, sementara Rins akan tersingkir di urutan kedua di Tikungan 3 pada tur berikutnya.

Ini memberi Petrucci penyangga 2,7 detik atas Dovizioso, meskipun rekan setimnya dengan cepat menghapus celah ini, sementara Marquez dalam balapan basah pertamanya mendekat.

Keunggulan Petrucci turun menjadi 1,2 detik pada lap ke-23, tetapi Dovizioso mulai menderita kekurangan grip belakang dan tidak berdaya untuk menghentikan Marquez masuk ke La Chapelle di waktu berikutnya.

Keunggulan Petrucci tetap utuh di lap terakhir, dan pembalap Ducati itu berhasil melewati garis untuk kemenangan MotoGP keduanya, menjadikannya pemenang ketujuh berbeda musim ini.

Rookie Marquez memberi Honda podium pertamanya pada tahun 2020 dengan finis kedua setelah start dari posisi 18, sementara Pol Espargaro menyelesaikan mimbar di KTM setelah mengalahkan Dovizioso di menit-menit akhir.

Dovizioso berhasil mempertahankan posisi keempat meski ban belakangnya mulai pudar, dengan Johann Zarco di posisi kelima di Avintia Ducati di kandang sendiri di depan pembalap Tech3 Miguel Oliveira.

Takaaki Nakagami berada di urutan ketujuh di atas pebalap pabrikan LCR Honda RC213V Stefan Bradl, sementara Quartararo menangkis Vinales dan Mir di lap terakhir untuk menyelamatkan kesembilan.

Quartararo masih memperpanjang keunggulan klasemennya menjadi 10 poin atas Mir, dengan Dovizioso terpaut 18 poin dan satu poin di atas Vinales.

Balapan basah pertama Brad Binder di KTM berakhir di urutan ke-12, sementara Francesco Bagnaia tidak mampu menyaingi performa stablemate Ducati di urutan ke-13 pada Pramac GP20. Aleix Espargaro dan Iker Lecuona dari Tech3 mencetak poin terakhir.

Franco Morbidelli dari SRT tersingkir setelah jatuh ke belakang lapangan sejak awal, sementara Crutchlow jatuh, Bradley Smith dari Aprilia, dan Tito Rabat dari Avintia.

VIDEO PILIHAN