Mohon tunggu...
Putih Abu Cikarang
Putih Abu Cikarang Mohon Tunggu... putih abu

Putih Abu Cikarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

UN 2020 Dibatalkan, Mari Persiapkan Ujian Masuk Perguruan Tinggi

29 Maret 2020   15:32 Diperbarui: 29 Maret 2020   15:36 68 0 0 Mohon Tunggu...

Hallo Puberss!

Puberss pasti tahu kan jika berbagai aktivitas terhambat dikarenakan wabah corona virus? Hal ini berdampak pada segala aktivitas terutama di bidang pendidikan. Dalam suasana  penyebaran corona virus yang kian masif, rencana Ujian Nasional yang akan diadakan pada bulan maret telah diumumkan resmi dibatalkan setelah Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas yang dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, selasa (24/03).

Dalam pernyataannya yang dikemukakan secara daring, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, "Alasan nomor satu pembatalan UN adalah keamanan dan kesehatan siswa-siswi kita. Kalaupun kita melaksanakan Ujian Nasional di dalam tempat-tempat pengujian yang harus dikumpulkan, itu bisa menimbulkan risiko kesehatan yang sangat besar bukan hanya siswa tapi juga keluarga dan kakek nenek siswa-siswi tersebut."

Langkah ini diputuskan pemerintah untuk melindungi seluruh siswa-siswi dari tersebarnya virus corona dan memutus rantai penyebaran virus ini. Walaupun UN 2020 dibatalkan, jangan membuat kalian tenang dan semakin bermalasan di rumah ya. Bagi kalian yang duduk di kelas 3 SMA/SMK, jika kalian ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN), maka ujian UTBK SBMPTN telah menunggu kalian. Apalagi jika kalian bermimpi untuk memasuki PTN favorit, maka kalian harus lebih giat belajar untuk dapat bersaing memperjuangkan kampus yang menjadi impian kalian.

Yuk, lebih baik gunakan banyak waktu luang kalian di rumah dengan mempelajari soal prediksi masuk PTN. Kalian bisa pakai laptop atau ponsel untuk mencari contoh soal-soal prediksi UTBK SBMPTN. Salah satu jenis soal yang harus banyak kalian pelajari adalah soal jenis HOTS di internet. High Order Thinking Skill (HOTS) adalah jenis soal dengan kemampuan analisis tinggi dalam pengerjaannya. Tidak hanya diuji kemampuan menghafal, tetapi kalian juga dituntut untuk menganalisis soal secara dalam agar mendapatkan jawaban yang benar. Jika kalian belum terbiasa dengan soal ini, maka soal ini nantinya akan terasa sulit jika dikerjakan.

Nah, jika dalam hal ini kalian lebih banyak menghabiskan waktu luang untuk berlatih dengan soal-soal prediksi UTBK SBMPTN, termasuk dengan model soal yang ada didalamnya, seperti  jenis soal saintek maupun soshum. Dengan begitu, semakin besar kemungkinan untuk bisa menaklukan soal ujian masuk PTN yang kalian impikan.

Penulis 1 : Fidelia Khaerunisa S

Penulis 2 : Desy Pigi Pratiwi

Editor : Desta Patricia H

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x