Mohon tunggu...
Inezia Sukonco
Inezia Sukonco Mohon Tunggu... Blog

Mahasiswa Komunikasi Universitas Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tumbuh Kembang Media Online di KorSel

22 September 2020   10:49 Diperbarui: 22 September 2020   11:09 204 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tumbuh Kembang Media Online di KorSel
Sumber: AsiaNews

Bukan hal yang baru jika kita membahas mengenai kemampuan internet di negara Korea Selatan ini. Korea Selatan menjadi salah satu dari 10 koneksi broadband tercepat menurut CNBC Indonesia di antara negara-negara lain di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu mengenai perkembangan internet dan pengaruhnya dengan perkembangan media online disana? Yuk kita cari tahu bersama-sama!

Lahirnya Internet di Korea Selatan

Dalam jurnal A Brief History of the Internet in Korea (Chon, dkk., 2005) menyatakan bahwa pembentukan sistem pengembangan jaringan (System Development Network) dimulai pada tahun 1982. Hal ini ditandai dengan terhubungnya komputer pada Universitas Nasional Seoul dengan komputer di Korea Institute of Electronics Technology. 

Penggunaan sistem TCP/IP, yang pernah kita bahas sebelumnya dalam artikel mengenai internet, menjadi protocol utama yang digunakan untuk komputer-komputer yang terkoneksi atau terhubung pada SDN tersebut, sehingga bisa dianggap ini menjadi cikal bakal internet di Korea Selatan.

Pada sekitar tahun 1983, dibentuklah penggunaan email atau surat elektronik atau surel dengan menggunakan karakter Korea atau Hangul, yang menjadi awal dari adanya komunikasi antar PC yang akhirnya akan berdiri mandiri pada tahun 1995 dengan menggunakan jaringan komersil, dan dari tahun tersebut, SDN juga terhubung dengan berbagai situs di Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Jaringan ini disebut dengan AsiaNet.

Koneksi Internet Global hingga Peningkatan Penggunaan Internet dalam Komunitas Pendidikan

Pada pertengahan 1980an, pergerakan momen-momen krusial di Korea Selatan ini membuat penggunaan internet di Korea memungkinkan untuk ikut dalam penggunaan internet secara global. Pada Juli 1986, IP address pertama di Korea dibentuk. Selanjutnya, penggunaan domain yang merepresentasikan Korea (.kr) dibentuk pula.

Dengan perkembangan dalam negrinya yang pesat, maka akhirnya dibentuklah regulasi dalam penggunaan internet pada tahun 1988.

Pada 1991 pun terbentuklah sebuah tim pengembangan, implementasi, dan operasi teknologi yang bergelut dalam menstabilkan subkomite dalam dalam naming, routing, Hangul dan keamanan internet ini.

Dari situlah, kehadiran World Wide Web pun dimulai di Korea Selatan yang akhirnya akan menghasilkan adanya transformasi di teknologi internet. Situs pertama di Korea, yaitu cair.kaist.ac.kr, pun di set up dan dioperasikan pada 1993.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN