Mohon tunggu...
indri wahyunia
indri wahyunia Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis, konten hiburan, travelling, kuliner

Selanjutnya

Tutup

Financial

Melatih Menabung Sejak Dini

7 Agustus 2022   22:15 Diperbarui: 7 Agustus 2022   22:25 93 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Menabung adalah kemampuan mengelola keuangan dengan tepat guna. Pembiasaan menabung ini perlu dikenalkan sejak dini. Tujuan pembiasaan menabung sejak dini adalah melatih buah hati kita untuk mengelola keuangan, mengelola keinginan, belajar hemat, menggunakan uang sesuai kebutuhan, menghargai atau merawat barang yang dibeli, dan melatih saat ingin mendapatkan sesuatu harus ada pengorbanan dan perjuangannya terlebih dahulu. 

Menurut penulis hal ini sangat baik. Jika telah terlatih menabung sejak dini. Buah hati kita akan jauh dari sifat konsumtif ataupun boros. Buah hati kita akan dengan sendirinya berpikir dua kali jika ingin membeli sesuatu karena harus menabung terlebih dahulu. 

Untuk memotivasi buah hati kita, jika proses menabungnya berhasil kita dapat memberikan rewards secara lisan maupun tindakan. Misalnya saat buah hati kita ingin membeli sesuatu, kita arahkan terlebih dahulu apakah barang yang akan mereka beli merupakan barang yang penting yang harus dibeli. Biarkan mereka memberikan pendapat dan alasan penting tidaknya barang yang akan mereka beli. Jika telah ada keputusan penting tidaknya barang yang akan dibeli, kita dapat memotivasi buah hati kita untuk semangat menabung. Setelah terkumpul sesuai target, kita dapat memberikan rewards dengan mengantar buah hati kita untuk membeli barang yang mereka inginkan. Tentunya mereka akan sangat senang sekali. Saat itulah kita dapat memotivasi dan menanamkan karakter positif. 

Motivasi dan penanaman karakter positif dapat dilakukan dengan memotivasi untuk menabung lagi dan mengingatkan untuk bersyukur kepada Alloh SWT. bahwa telah diberikan kemudahan dan dilapangkan rezekinya. Kita pun dapat memotivasi huah hati kita untuk semakin rajin beribadah, berdoa, rajin belajar, dan patuh kepada orangtua. 

Semangat menabung. Semoga buah hati kita menjadi generasi yang rajin menabung demi masa depan yang gemilang. Aamiin ya rabbal alamiin🤲🤲🤲

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan