Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Freelance Writer, Praktisi PR di berbagai organisasi internasional (1990-2011) Twitter: @IndriaSalim IG: @myworkingphotos fb @indriasalim

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Gunakan Mobile JKN dan Dapatkan Kemudahan Maksimal Layanan Kesehatan bagi Peserta JKN-KIS

8 Januari 2020   08:25 Diperbarui: 8 Januari 2020   11:27 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beno Herman, Asisten Deputi Bid. Manajemen Fasilitas Kesehatan |Foto: Indria Salim

Kita baru saja memasuki Tahun Baru 2020, dengan harapan baru memiliki kehidupan yang lebih baik, termasuk dalam hal kesehatan.

Saat liburan akhir tahun 2019 yang lalu, dua adik saya malah sedang sakit. Keduanya menjalani rawat jalan, terkait penyakit tidak menular yang salah satunya adalah diagnosa pembengkakan jantung.

Demi kesembuhan, mereka antusias mengantre sejak pagi dan baru pulang setelah sore, karena sekalian menebus obat.
Kata mereka, "Ya, beginilah setiap kali kami berobat." Adik saya adalah peserta JKN-KIS.

Saat itu saya lupa menanyakan apakah mereka sudah memanfaatkan mobile JKN yang mereka unduh dari HP. Pun lupa memastikan apakah mereka sudah mencoba menelpon/mengeksplorasi Customer Care Center BPJS Kesehatan.

BPJS Update, ayo unduh mobileJKN | Foto: Indria Salim
BPJS Update, ayo unduh mobileJKN | Foto: Indria Salim
Dalam pertemuan BPJS Kesehatan dengan para Blogger pada hari Senin (6 Januari 2020), Penulis mengikuti penjelasan untuk sosialisasi tentang "Komitmen Peningkatan Pelayanan di FasKes" , yang disampaikan oleh Beno Herman, Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan, BPJSKes.Pusat. Untuk itu klik juga video ini. (Durasi 5'35")
Disampaikan dalam kesempatan itu, bahwa sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan terus mengembangkan sistem pelayanan dan inovasi, bersama dengan penyedia layanan yaitu rumah sakit, dalam hal ini bekerjasama dengan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI). Kedua pihak membuat komitmen peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan bagi peserta JKN-KIS.

Lakukan pendaftaran elektronik untuk efisiensi antrean | Foto: Indria Salim
Lakukan pendaftaran elektronik untuk efisiensi antrean | Foto: Indria Salim
Beno Herman menjelaskan tentang Layanan yang saat ini menjadi fokus pengembangan,  implementasinya yang baru-baru ini juga dilakukan peninjauan langsung di RSUD di Purwokerto --  Rumah Sakit Margono Soekardjo (RSMM) yang menjadi percontohan.

Dijelaskan pula bagaimana beberapa prioritas layanan kesehatan di rumah sakit (faskes) terintegrasi dengan aplikasi mobile JKN.

Pentingnya Memaksimalkan Manfaat Mobile JKN

Menyimak pemaparan Beno Herman, Penulis berharap sekaligus optimis bahwa pengalaman antre "bertele-tele" tanpa kepastian jadwal giliran konsultasi atau pemeriksaan dokter di Faskes/ RS bisa diminimalisir bila kita mendaftar secara elektronik. (1)

Pasien yang mendapatkan rujukan rawat inap, juga akan memiliki alternatif RS rujukan secara transparan, dan itu berkat integrasi pengkinian informasi yang dilakukan oleh RS terkait ketersediaan ruang rawat inap atau tempat tidur bagi pasien, yang displaynya selalu update dan dapat diakses dari mobile JKN. (2)

Pasien dengan penyakit ginjal kronis yang harus rutin menjalani cuci darah tidak harus setiap kali mengantre untuk mendapatkan rujukan, namun cukup lakukan tapping dengan sidik jari (finger print). Ini merupakan kemudahan bagi pasien tersebut, yang juga menjadi prioritas pelayanan BPJS Kesehatan.  (3)

Mengutip berita dari www.jamkesnews.com, "Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi menjelaskan bahwa RSMS Purwokerto dan BPJS Kesehatan telah mengintegrasikan sistem informasi dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Peserta JKN-KIS yang dirujuk dari FKTP bisa langsung didaftarkan ke antrean di RSMS Purwokerto dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN dalam fitur Pendaftaran Layanan."

Penutup

Optimisme terbangun dari adanya harapan, semangat, berpikir positif, dan upaya untuk suatu langkah nyata.

BPJS Kesehatan menjaga komitmen peningkatan pelayanan kesehatan, FasKes dan RS mengimplementasikan prinsip mutu layanan bagi pasien, masyarakat dan peserta JKN-KIS responsif dan aktif mendukung dengan memenuhi ajakan pemanfaatan inovasi BPJS Kesehatan via mobile JKN, dan Pemerintah memastikan sinergi dan koordinasi dari semua faktor melalui kebijakannya.

Informasi selengkapnya dan terkini, simak www.jamkesnews.com

Salam (hidup) sehat!

:: Indria Salim ::

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun