Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelance Writer

Freelance Writer, Photography enthusiast Twitter: @IndriaSalim / IG: @myworkingphotos

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Fotografi dan Proses Kreatif Menulis Saya

11 November 2019   12:53 Diperbarui: 19 November 2019   20:08 0 37 14 Mohon Tunggu...
Fotografi dan Proses Kreatif Menulis Saya
Cuaca panas tetap beraktivitas | Dokpri

Puisi "Sudahkah Kau Menulis Hari Ini?" saya tulis pada hari Pahlawan, 10 November 2019. Nah, kini ada video pembacaan puisinya, ada di alinea akhir sih.

Selama bulan November ini cuaca di sekitar saya dan ruang gerak kegiatan saya sepanas 34 derajat Celsius. Mencoba membuat nyaman diri sendiri, saya mojok dengan segelas es kopi favorit.

Buah segar bagus dikonsumsi saat cuaca panas | Foto: Dokpri
Buah segar bagus dikonsumsi saat cuaca panas | Foto: Dokpri
Musim mangga | Foto: Indria Salim
Musim mangga | Foto: Indria Salim
Sebelummya di siang bolong saya berjalan kaki dari rumah ke lapak pedagang buah langganan, yang berjarak sekitar dua kilometer, dan jarak tempuh berjalan kaki sekitar 25 menit. Lalu saya membeli Salak dan Mangga Harum Manis yang terbukti manis.

Tidak seperti biasanya, siang itu  Mas Pedagang buah tampak lesu.

"Lagi pusing, Mas?"

"Iya, Buk. Kepanasan. Jam berapa sekarang, Buk?"

"Pukul 12.30wib. Cuaca panas begini harus cukup minum air putih," saranku.

"Sesiang ini sudah minum seliter. Biarpun minum air putih, kalau kebanyakan juga nggak nyaman -- tambah pusing atau mual, juga kembung, Buk," katanya sambil menunduk dan menutupi dahinya dengan tangan.
Lanjutnya,  "Mungkin saya sebentar lagi tutup lapak."

Dalam hati saya, penjual buah yang tiap hari di pinggir jalan saja sampai nggak kuat juga dengan cuaca ekstrim panas, khususnya hari ini.

'Mungkin inilah anomali cuaca di wilayah Jawa,' batin saya yang belum sempat melakukan cek di laman resmi BMKG.

Es Kopi Bikinan Sendiri | Foto: Indria Salim
Es Kopi Bikinan Sendiri | Foto: Indria Salim
Nah, sambil menyeruput es kopi sedikit demi sedikit, muncullah ide puisi ini.

Sementara itu anggrek yang saya sirami dengan rajin, sejak bulan Oktober sampai detik ini bergantian, lalu bersamaan juga menampilkan bunga-bunga indahnya meski "cuma" jenis hibrida

Saya senang ada obyek baru yang menjadi bidikan foto dan video saya, setiap saat saya tergoda memotretnya.
Tanpa sadar memori data gawai saya penuh, meskipun hasil dua minggu bidikan foto dan video saya sempat tanpa sengaja terhapus tak berjejak.

Dari pengalaman itu, maka sebisa mungkin kalau saya membuat video saya usahakan terunggah di akun instagram atau youtube, dan sesekali saya jadikan pelengkap artikel di Kompasiana.

Dengan begitu, selain melakukan "back up data" di google drive ataupun Cloud, saya bisa ikhlas menghapus hasil kegiatan fotografi dan masih bisa menikmatinya dari karya yang saya unggah di akun media sosial.

Inilah dia video anggrek yang saya unggah di youtube dan instagram sambil sekalian mencoba tampil pede membacakan puisi yang saya rasa cocok dengan videonya, "Sudahkah Kau Menulis Hari Ini?" Silakan klik, ya.

Saya bisa mengatakan kalau sajian artikel hari ini adalah hasil dari serangkaian proses kreatif dan "pemanfaatan hobi membuat" puisi, foto, dan video. Salam bahagia. :: Indria Salim ::

VIDEO PILIHAN