Mohon tunggu...
Indria Salim
Indria Salim Mohon Tunggu... Freelance Writer

Freelance Writer, Photography enthusiast Twitter: @IndriaSalim / IG: @myworkingphotos

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tentang Berita Duka

27 Maret 2017   05:16 Diperbarui: 27 Maret 2017   10:37 0 10 9 Mohon Tunggu...

Catatan tertinggal dan masih berlangsung di benakku, khususnya untuk kehidupan dunia maya 2017. Terpantau tanpa harus berniat mengamati, beberapa teman dan kerabat teman fb pergi untuk selamanya karena menghadap Sang Khalik.

Tentang mereka, ada yang pernah berinteraksi langsung, ada yang tidak -- meskipun aku melihat sekilas kegiatan-kegiatannya dari newsfeed.

Sebagian besar kuamati pergi cepat, dan meninggalkan tulisan yang belum lama dikirim sebagai status fb. Ada yang dua minggu, satu sampai dua bulan paling lama sejak mereka mengirimkan tulisan status mereka, lalu tersiar kabar kepergian mereka selamanya di dunia fana dan maya ini.

Terasa banget betapa hidup di bumi ini sungguh sementara, berlaku untuk siapa saja.

Mengerikan bila sampai status terakhir yang tertulis di fb (ya aku bicara tentang kiriman/postingan) di media sosial, meninggalkan jejak gelap bahkan ditulis oleh pribadi itu sendiri, misalnya menulis atau mengirim berita hoax, hal-hal lain yang sifatnya merusak tata nilai kehidupan secara universal, karangan untuk memfitnah pihak lain, cercaan pedas yang bukan untuk memberi masukan konstruktif terhadap orang lain namun semata karena benci, iri, dengki, egoisme tinggi, niat menipu, dan lain-lain.

Sudahlah, banyak hal yang tidak mampu kuungkapkan dalam kata-kata di sini, namun kurasa orang baik seakan banyak yang pergi "lebih cepat". Ah! maksudku kepergian yang terasa terlalu cepat karena kita yang mengenalnya sulit mempercayai betapa orang-orang itu "baru saja" memberi kita inspirasi dan hal bermanfaat lainnya bagi sesama.

Yang tertinggal sebagai pertanyaan besar bagi diri ini, "Apakah aku sekadar nama (sepanjang usia teridentifikasi dari sosial media dan interaksi random tapi nyata) bila ... "

What have I done to contribute to this real small but unfathomable world and life of mine? Nothing from this world will I bring along with me when the Almighty decides “my time”. However, my little faith may wonder whether even either unnoticable kindness or altruism will do. People see what are claimables, but the Creator sees the hearts.

Sang Pencipta Maha Berkehendak, Maha Kuasa, dan Maha Besar khalik langit, bumi dan seisi alam semesta.

*27-03-2017*