Mohon tunggu...
Indriani WandaKartika
Indriani WandaKartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pengabdian terhadap masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengembangan Digital Marketing Batik Semanggi

30 Juni 2022   23:02 Diperbarui: 30 Juni 2022   23:08 104
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak. Pada tahun 2015 di wilayah Kelurahan Sememi RT. 001/RW.001 didirikan usaha UMKM Batik Semanggi. UMKM tersebut mempunyai permasalahan mengenai produk kurang dikenal masyarakat luas dan pelaku usaha kurang memahami tentang digitalisasi marketing. 

Maka dari itu, kami akan melaksanakan program untuk mengembangan hal tersebut, supaya Batik Semanggi dapat dikenal oleh masyarakat luas dan juga dapat menunjang penjualan produk melalui mitra digital. Disamping hal tersebut, kami juga akan menginovasi pada logo produk..

Kata Kunci: Digitalilasi marketing dan inovasi logo

PENDAHULUAN
Ditengah keragaman batik di Indonesia, Kota Surabaya mempunyai batik dengan motif daun semanggi. Usaha tersebut didirikan tahun 2015 dan berada dalam wilayah Kelurahan Sememi RT. 001/RW.001.

Dari tahun 2015 hingga sekarang masih terdapat beberapa hal yang belum maksimal dalam usaha Batik Semanggi, yang menjadi perhatian saat ini adalah  mengenai pengembangan digitalisasi marketing. Pada era sekarang digitalisasi marketing sangat penting karena media digital sangat mudah dijangkau oleh masyarat luas. Disamping hal tersebut, kami juga akan menginovasi pada logo produk.

METODE PELAKSANAAN
1.Analisis Situasi
Analisis situasi merupakan analisa dan pengenalan terhadap lokasi tempat mitra  usaha yang akan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

2.Permasalahan
Permasalahan merupakan hasil yang didapatkan dari analisis situasi. Permasalahan  ini merupakan hambatan yang dialami oleh pelaku usaha.

3.Solusi Permasalahan
Solusi permasalahan merupakan gagasan ide untuk mengatasi permasalahan pada usaha tersebut.

4.Koordinasi
Setelah menemukan solusi permasalahan yang tepat, mahasiswa akan  mengkoordinasikan dengan mitra usaha.

5.Persetujuan
Melakukan koordinasi dengan mitra usaha dan mengajukan persetujuan secara tertulis.

6.Pelaksanaan
Pelaksanaan merupakan proses kerja untuk mewujudkan keberhasilan dari solusi masalah yang diajukan oleh mahasiswa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun