Mohon tunggu...
Indra Yadi
Indra Yadi Mohon Tunggu... Penulis - PNS Kementerian yang bisa nulis

“Belajar,berdoa, dan bersyukur”

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Pemilik Mobil, Yuk Kenalan dengan Komponen Ini

12 Februari 2021   14:07 Diperbarui: 12 Februari 2021   14:48 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Mohon sebutkan mobil apa yang pengoperasiannya tidak menggunakan aki? Bisa dipastikan semua mobil zaman sekarang menggunakannya! Kecuali, mobil yang penyalaannya memakai engkol di bemper depan. bicara mengenai aki, saat ini merupakan barang primer di mobil kita, yang terus menerus dipakai hingga soak.
Dewasa ini, banyak orang salah kaprah mengenai penggunaan aki mobil, seperti pada mitos berikut ini :
1.Menginjak gas terlebih dulu sebelum mematikan mesin, memudahkan start mesin saat dingin
2.Aki kering bebas perawatan daripada aki basah
3.Tablet obat sakit kepala, mampu mengisi aki yang sudah soak
4.Saat mengganti aki dengan yang baru, tak jarang sang mekanik mengetuk-ngetuk baut kepala aki agar lancar pemasangannya
5.Untuk mobil eropa, penggantian aki harus dilakukan di bengkel resmi
6.Aki soak dari mobil yang lama menganggur, bisa dilakukan pengisian ulang
7.Air de mineral atau aquadest, sama berbahaya dengan air aki
8.Jika indikator aki tidak kunjung mati, saat mesin hidup, berarti pengisian aki dari mesin bermasalah
9.Aki basah jika diisi tidak sesuai dengan batas yang ditentukan, akan merusak komponen di sekitar mesin

Mari kita bahas satu per satu, mengenai sembilan mitos seputat aki mobil, :

1.Menginjak gas terlebih dulu sebelum mematikan mesin, dapat memudahkan start mesin saat dingin

      Mobil dengan tahun produksi di bawah 2000-an, masih mengandalkan sistem karburator dan platina untuk bisa berjalan sempurna, maka dari itu pemilik kendaraan sering memainkan pedal gas agar mesin cepat langsam. Padahal jika memerhatikan stiker petunjuk cara menyalakan mesin, hanya di kontak-tarik tuas cuk-putar kunci ke arah start, memang ada pemilik mobil yang start mesin sampai putar kunci dua-tiga kali sambil di gas beberapa kali, namun dapat dipastikan platina dan karburator perlu penyetelan ulang.

2. Aki kering bebas perawatan daripada aki basah

       Apa itu definisi dari aki kering dan aki basah?  Dikutip dari laman tempo.co, Aki basah merupakan produk yang sudah cukup berumur dan sudah cukup lama di gunakan pada berbagai macam tipe kendaraan. Untuk melihat perbedaan aki basah dan aki kering yang paling umum dapat kita lihat adalah bentuknya.
Di mana untuk tipe aki basah ini biasanya menggunakan wadah semi transparan. Hal ini dilakukan tiap pabrikan aki agar mudah sewaktu kita mengecek kondisi air aki atau cairan elektrolit. Adapun air aki atau sering di sebut juga sebagai air zuur merupakan sebuah cairan yang mempunyai fungsi sebagai perendam cell-cell aki yang ada pada tipe aki basah ini.
Soal usia pemakaian, baik aki basah maupun kering tidak berbeda jauh. Kisarannya 1,5-2 tahun untuk pemakaian normal sehari-hari dengan catatan perawatan dilakukan teratur untuk aki basah. Sementara aki kering merupakan pengembangan dari aki basah, yang memiliki kelebihan minim perawatan, Untuk iklim tropis dengan temperatur udara cenderung panas seperti Indonesia, ditambah kondisi bersuhu tinggi di ruang mesin, membuat air aki lebih cepat menguap seiring pemakaian.
Pada aki kering, cairan tetap menguap, namun sirkulasinya tidak banyak bocor ke luar. Berdasarkan dua definisi itu, aki kering tetap harus dirawat, paling tidak dibersihkan dari debu dan di charge 6 bulan sekali, agar peforma terjaga dan umur pakai lebih panjang.

3.Tablet obat sakit kepala, mampu mengisi aki yang sudah soak

Tablet obat sakit kepala, umumnya memiliki komposisi seperti ini, 350 mg paracetamol, 200 mg ibuprofen, dan 50 mg kafein, acetosal 450 mg, dari komposisi itu, kemungkinan acetosal menjadi bahan yang menghasilkan energi reaktif, sehingga mampu mengisi aki, tapi dalam keadaan darurat.

4. Saat mengganti aki dengan yang baru, tak jarang sang mekanik mengetuk-ngetuk baut kepala aki agar lancar pemasangannya

Apakah kita pernah, kala mengganti aki mobil atau servis berkala di bengkel non resmi, ada mekanik yang mengetuk kepala aki ketika melakukan pemeriksaan? Jika pernah, ini salah kaprah, karena jika diketuk berulang kali, kotoran akan masuk ke dalam sel aki (aki basah) atau ke tutup cairan elektrolit (aki kering), dibiarkan dalam jangka panjang, dapat menurunkan peforma aki dan umur pakai lebih pendek.

5.Untuk mobil eropa, penggantian aki harus dilakukan di bengkel resmi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun