Mohon tunggu...
INDRA SUKMA JATI
INDRA SUKMA JATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN

Home Economic Education-UPI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Tidak Semua Orang Tua Siswa Mampu Mengikuti Pembelajaran Daring

2 Agustus 2021   16:38 Diperbarui: 2 Agustus 2021   17:01 46 2 0 Mohon Tunggu...

Pandemi covid 19 merupakan wabah yang memiliki dampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat di indonesia termasuk pada aspek pendidikan, sejak adanya virus corona di indonesia sistem pembelajaran pun mulai berubah dari pembelajaran Tatap Muka (konvensional) menjadi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet (pembelajaran daring). 

Guru juga mulai menggunakan media pendukung dalam pembelajaran daring seperti  Google classroom, Zoom, Whatsapp, google Meet, youtube dan media pendukung yang lainya.

Hal ini juga membuat  pihak LPPM Universitas Pendidikan indonesia memberi kebijakan dengan melaksanakan kegiatan Kuliah kerja nyata (KKN) secara online pada tahun ini. untuk tempat KKN nya mahasiswa diharuskan memilih tempat KKN yang letaknya dekat dengan tempat tinggalnya untuk meminimalisir aktivitas yang dilakukan diluar rumah.

mahasiswa dapat memilih salah satu tema KKN bisa Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan atau Membangun Desa Melalu Bidang Ekonomi. disini saya sendiri memilih tema Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan yang berarti memiliki tugas untuk membantu administrasi di sekolah, memberikan penguatan pembelajaran daring, dan memberikan pendampingan kepada orangtua dan siswa.

Dalam pelakasanaan pembelajaran daring walaupun sudah berlangsung cukup lama namun masih ada beberapa sekolah yang belum bisa melaksanakan pembelajaran full daring, baik  guru maupun orang tua siswa serta siswanya sendiri masih dalam proses penyesuaian  dan sering kali mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran daring khususnya di SDN 013 Pasirkaliki Bandung. 

Dimana orang tua mengalami kesulitan karena keterbatasan kuota, gadget yang kurang mumpuni,dan waktu pembelajaran daring yang bentrok dengan waktu berangkat kerja.

Hal tersebut yang menyebabkan SDN pasirkaliki 013 Bandung belum bisa melaksanakan pembelajaran full daring karena orangtuanya sendiri belum menyanggupi jika pembelajaran daring setiap harinya dilaksanakan melalui Zoom meeting atau google meeting. 

Sebagai soslusinya pihak SDN 013 Pasirkaliki melaksanakan pembelajaran daring memlalu media grup Whatsaap, dengan teknis absen terlebih dahulu, intruksi pemberian tugas, dan tugas yang telah selesai dikumpulkan kembali dalam bentuk foto ke grup Whatsapp serta pengumpulan buku tugas dilaksanakan setiap seminggu sekali di hari Jum'at untuk dinilai. 

Namun tidak semua guru memberikan penjelasan atau media pembelajaran bagi siswanya sehingga siswa dituntut belajar mandiri dengan buku yang sudah diberikan sebagai sumber belajar.

dari sana penulis melihat bahwa pembelajaran daring melalui media whatsapp yang dilaksanakan di SDN 013 Pasirkaliki Bandung perlu dimaksimalkan. Disini penulis mendampingi guru dan membantu guru menciptakan video pembelajaran untuk siswa seperti di link berikut

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN