Mohon tunggu...
inrdawardana
inrdawardana Mohon Tunggu... indra wardana adalah nama panggilanku

menulis mampu menemukan siapa diriku

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Kegiatan Bersepeda Membakar Berapa Kalori? Berikut Ulasannya

18 September 2020   15:45 Diperbarui: 18 September 2020   19:04 98 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Bersepeda Membakar Berapa Kalori? Berikut Ulasannya
pixabay.com

Kegiatan bersepeda beberapa waktu ini menjadi tren tersendiri di berbagai kalangan. Mulai dari kalangan artis hingga masyarakat ramai bersepeda di jalan. Terlebih di tengah pandemi ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga bersepeda menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan kebosanan. 

Selain menyenangkan, kegiatan ini juga efektif sebagai sarana olahraga yang baik untuk membakar kalori. Tahukah Anda berapa jumlah kalori yang terbakar ketika bersepeda? Untuk menjawab pertanyaan ini, ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian dan Pentingnya Menghitung Kalori

Tahukah Anda pengertian kalori? Secara sederhana, kalori adalah kandungan energi yang terdapat dalam makanan. Jika Anda ingin mempunyai berat badan yang ideal, memahami perhitungan kalori adalah hal yang penting. 

Kalori yang berlebih pada tubuh akan mengakibatkan kelebihan berat badan, atau bahasa umumnya adalah gemuk. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda dan ditentukan oleh banyak faktor.  Seorang pekerja lapangan tentu membutuhkan kalori yang lebih besar daripada seorang pengangguran yang tidak memiliki kerjaan dan hanya menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan di rumah.

Lalu seberapa pentingnya menghitung kalori? Menghitung kalori diperlukan untuk menyeimbangkan seberapa banyak kalori yang masuk dan juga kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika Anda ingin memiliki berat badan yang ideal tentu mengontrol kalori yang masuk amatlah penting. Kebanyakan orang tak memperdulikan berapa asupan kalori dalam tubuh sehingga banyak kalori yang mengendap dan mengakibatkan kegemukan.

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar ketika Bersepeda?

Perkiraan jumlah kalori yang terbakar bisa kita perkirakan, namun untuk mendapatkan angka yang akurat tentu bukan hal yang gampang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori saat bersepeda, berikut diantaranya:

1. Berat Badan

Berat badan akan mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh. Semakin berat berat badan seseorang, maka semakin banyak juga energi yang dibutuhkan untuk bergerak.

2. Kecepatan

Tidak semua orang suka bersepeda dengan kecepatan tinggi, ada sebagian orang lebih menyukai bersepeda dengan kecepatan sedang dan juga santai. Namun, jika Anda ingin membakar kalori lebih cepat, bersepeda dengan cepat adalah salah satu cara membakar kalori lebih cepat.

3. Durasi atau Waktu

Secara sederhana, semakin lama Anda bersepeda, semakin banyak pula kalori yang akan terbakar.  Anda bisa mengkolaborasikan kecepatan dengan durasi bersepeda untuk membakar kalori lebih cepat.

4. Intensitas Bersepeda

Semakin sering Anda bersepeda, kalori dalam tubuh juga akan lebih cepat terbakar. Setidaknya lakukan kegiatan bersepeda tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Berikut adalah perkiraan kalori yang terbakar dengan berdasar pada kecepatan, jarak, serta berat badan yang berbeda

1. Bersepeda dengan Kecepatan 20 km/jam

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x