Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Ketidakhadiran Vladimir Putin dan Elon Musk, Akankah Mempengaruhi Esensi G20 di Bali

14 November 2022   13:32 Diperbarui: 15 November 2022   11:32 713
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Pertemuan G20 Di Bali | Sumber Detik.com

Puncak kegiatan G20 akan berlangsung 15-16 November 2022. Artinya hari ini akan banyak pemimpin negara yang diagendakan datang untuk menghadiri acara puncak G20 di Nusa Dua, Bali. 

Berdasarkan undangan kepada anggota G20 maka seharusnya akan ada 19 kepala negara/kepala pemerintahan dan 1 presiden Uni Eropa yang diagendakan hadir dalam kegiatan ini. Namun berdasarkan situs online Kompas.com, diinformasikan ada 3 kepala negara/pemerintahan yang batal datang ke acara G30. 

Ketiga pemimpin dunia ini antara lain Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrado, dan Presiden terpilih Brazil Luiz Inacio Lula da Silva yang belum resmi dilantik (Sumber klik disini). Meskipun ketiga pemimpin dunia ini tidak hadir namun biasanya akan ada perwakilan negara yang menjadi pengganti dalam kegiatan ini. 

Tidak hanya itu Elon Musk yang sebelumnya diagendakan sebagai pembicara dalam rangkaian G20 dengan topik Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation.

Salah satu orang terkaya di dunia ini tentu dirasa tepat sebagai pembicara mengingat kontribusi dan pengaruh dirinya dalam bidang inovasi dan teknologi. Apalagi peran dirinya yang kini telah mengakuisisi Twitter, salah satu sosial media populer di dunia.

Diinfokan jika pembatalan Elon Musk dianggap mendadak dan dengan alasan tengah sibuk membenahi Twitter. Alasan yang masuk logika dimana saat ini Twitter mengalami berbagai perombakan khususnya dari sisi SDM dan kultur budaya kerja internal.

# Bagaimana Dampak Ketidakhadiran Vladimir Putin dan Elon Musk Pada Kegiatan G20? 

Rangkaian Acara G20 Di Bali | Sumber Tribunnews
Rangkaian Acara G20 Di Bali | Sumber Tribunnews

Bagi saya seorang awam yang tinggal di Bali sekaligus pengamat kegiatan ini merasakan ada dampak tersendiri dari ketidakhadiran 2 sosok ini pada G20. Alasan utama karena masyarakat dunia saat ini setidaknya tahu peran dan posisi Putin dan Musk yang besar pada tatanan ekonomi dan politik dunia. 

Putin yang berperan penting dalam terciptanya konflik yang berujung perang antara Rusia-Ukraina memang menciptakan kubu pro dan kontra khususnya diantara anggota G20. Ada yang mencela aksi Putin namun tidak sedikit juga yang mendukung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun