Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Artikel Utama

Euforia dan Kesiapan Keamanan Bali Menjelang G20

9 November 2022   17:16 Diperbarui: 10 November 2022   06:58 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jelang puncak KTT G20 pada 15-16 November 2022| Dokumentasi/Sekretariat Presiden via Kompas.com

Setelah vakum terhadap aktivitas internasional selama masa pandemi, kini Bali tengah dipersiapkan menjadi tuan rumah G20 dengan puncak acara 15-16 November 2022.

Tentu ada euforia tersendiri karena Bali berharap kegiatan ini akan berdampak positif bagi pariwisata dan ekonomi di Bali pasca-pandemi. Selama penutupan penerbangan internasional, kondisi Bali sangatlah terpuruk. Bahkan saya merasa jauh lebih terpuruk dari dampak Bom Bali 1 dan 2.

Baru kali ini saya melihat Ubud dan Kuta terasa sepi. Bahkan karena sepinya banyak outlet usaha tutup dan aktivitas diatas jam 6 sore sudah sepi. Jauh berbeda sebelum ada Covid-19, di mana 2 wilayah ini terasa hidup bahkan hingga tengah malam. 

Persiapan Keamanan Menjelang G20 Di Bali | Sumber Republika
Persiapan Keamanan Menjelang G20 Di Bali | Sumber Republika

Tidak hanya itu di sosial media banyak postingan vila, restoran bahkan hotel yang dijual karena ketidakmampuan operasional namun si pemilik tetap mengeluarkan dana perawatan dan sebagainya. 

Perlahan ketika pemerintah mulai melonggarkan aktivitas masyarakat dalam skala domestik, penggiat pariwisata mulai membangun asa kembali. Namun tetap banyak pelaku pariwisata berharap penerbangan internasional dibuka karena wisatawan asing memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi Bali. 

G20 menjadi tonggak penting bagi Bali, jika kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan sukses maka diharapkan akan meyakinkan wisatawan asing bahwa Bali aman dan sudah bisa dikunjungi. 

Pemerintah pun terlihat fokus mempersiapkan Bali sebagai tuan rumah G20. Terbukti sudah banyak pembenahan yang dilakukan mulai perbaikan jalan, merenovasi bandara, menentukan lokasi kegiatan, kerjasama dengan penyedia akomodasi. 

Penguatan Keamanan Menjelang G20 | Sumber Situs VOI
Penguatan Keamanan Menjelang G20 | Sumber Situs VOI

Bagi saya ada hal penting yang tidak boleh luput yaitu terkait keamanan Bali. Sejak Jumat lalu, banyak mobil dan motor dari Polda Jatim yang banyak berdatangan ke Nusa Dua. Tidak hanya itu personel TNI pun sudah banyak berpatroli di sekitar Nusa Dua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun