Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mana Lebih Enak, Gaji Pokok Besar Atau Tunjangan Besar?

4 November 2022   20:34 Diperbarui: 5 November 2022   21:14 483
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi ekspresi senang menerima gaji. Sumber: Freepik.com/benzoix 

Ada sebuah pertanyaan sederhana yang mampu menciptakan diskusi yang menarik. Seorang junior bertanya, mana yang lebih enak dapat gaji pokok besar tapi insentif kecil atau sebaliknya gaji kecil tapi insentif besar. 

Secara manusia biasa, kita pasti mengharapkan mendapatkan pemasukan besar dari pekerjaan yang kita geluti. Namun sebagai karyawan kadang pemasukan bulanan terbagi menjadi beberapa bagian. 

Secara sederhana saya membaginya dalam 2 klasifikasi gaji pokok (gaji yang nominalnya sudah pasti diterima saat penggajian) dan insentif yang bisa tunjangan, kompensasi, upah lembur, dan sebagainya. 

Diskusi kecil tercipta, ada yang berargumen lebih memilih gaji pokok besar namun ada juga yang merasa insentif besar lebih baik. 

Secara personal saya mengamati hasil diskusi dengan beberapa teman dengan berbagai argumen, data dan diperkuat contoh kasus. Ada kesimpulan menarik dari hasil diskusi ini. 

Menguak Plus Minus Gaji Pokok Tinggi

Menerima Gaji Pokok Besar | Sumber ESI Money
Menerima Gaji Pokok Besar | Sumber ESI Money

Gaji pokok lebih mengarah pada pendapatan yang diterima pegawai  sebagai upah keeja dalam periode tertentu dan bersifat tetap. Artinya jika bulan lalu si pegawai mendapatkan gaji pokok 4 juta maka selama tidak faktor khusus seperti kebijakan kenaikan upah, ketidakhadiran, sanksi dari manajemen atau faktor lain maka ia akan tetap mendapatkan gaji 4 juta pada bulan ini. 

Nilai plus gaji pokok besar adalah memberikan jaminan pada si pegawai tentang pendapatan secara rutin dalam periode yang ditentukan. Misalkan gaji bulanan. Meskipun si pegawai lagi malas bekerja, semangat atau bahkan tidak produktif sekalipun di tempat kerja, ia akan tetap mendapatkan besaran gaji sama. 

Kelebihan lainnya si pegawai bisa memproyeksikan finansial ke depan. Misalkan dirinya ingin mengkredit barang maka sudah bisa menentukan porsi pengeluaran dari gajinya tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun