Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Belajar dari Pengalaman, Ini Cara Aman Saat Berada di Keramaian di Bali

2 November 2022   14:02 Diperbarui: 3 November 2022   06:02 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi kerumunan saat menonton konser musik dan cara aman keluar agar tak terjebak di dalam kerumunan. Sumber: AP PHOTO/JAMAAL ELLIS via Kompas.com

Bali kerapkali menjadi tuan rumah ajang kegiatan yang mengundang atau melibatkan banyak orang. Acara seperti pertandingan olahraga, DJ Party, Konser ataupun keagamaan yang melibatkan bisa ratusan bahkan ribuan orang dalam satu tempat. 

Dua bulan lalu saya sempat mendatangi 2 acara DJ party yang diadakan di beach club dan sebuah hotel di Bali. Sebenarnya saya kurang suka datang ke acara keramaian namun kebetulan perusahaan menjadi pihak sponsor sehingga diberikan beberapa tiket gratis. 

Lumayan karena tiket yang diberikan kelas VVIP dan setidaknya mencoba sensasi mendengarkan musik hingga tengah malam. Apalagi acara ini standar internasional sehingga pengunjung banyak dari luar kota ataupun wisatawan asing. 

Benar saja acara ini dihadiri ribuan orang bahkan semakin malam semakin ramai karema puncak acara sengaja dilakukan di penutup kegiatan. Sudah ditebak berada di tengah keramaian bukanlah suatu yang nyaman bagi saya yang jarang ikut kegiatan ini. 

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pegangan selama berada di pusat keramaian. Apa saja itu? 

1. Pahami Diri Bukan Agoraphobia atau Agorafobia

Agoraphobia atau agorafobia adalah perasaan cemas atau takut berlebihan jika berada di tempat atau situasi  ramai yang membuat penderitanya merasa gugup, panik, terperangkap, tidak berdaya, atau malu. 

Seseorang Dengan Agoraphobia | Sumber Situs SehatQ
Seseorang Dengan Agoraphobia | Sumber Situs SehatQ

Saran terbaik jika pembaca ternyata seorang Agorafobia, lebih baik jangan memaksakan diri saat berada di pusat keramaian. Saya pernah punya teman yang memiliki riwayat ini dan tahu bagaimana dampak jika dipaksakan. 

Teman saya berkeringat dingin, pusing dan bahkan mual saat berada di tempat yang ramai. Bahkan yang ekstrem bisa sampai pingsan atau menjerit menangis karena terlalu panik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun