Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Humor Pilihan

Jokes Ala Bapak-bapak, Bukti Generasi Dewasa Punya Selera Humor Tersendiri

6 September 2022   11:58 Diperbarui: 6 September 2022   13:55 187 18 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Candaan Bapak-Bapak Saat Nongkrong Bersama | Sumber Hipwee

  • Kenapa Ayu Ting Ting layak disebut wanita paling kuat di Indonesia? Karena lirik lagu hitsnya "Kesana kemari membawa Alfamart (alamat)"
  • Anak saya demam tapi kenapa setelah di kompres kok malah berubah jadi Rar ya?

Belakangan ini saya sering terhibur ketika menonton atau mendengar candaan receh yang sering dilontarkan baik komedian atau teman. Jokes ala bapak-bapak, istilah yang kerap disampaikan ketika ada yang memberikan candaan dengan metode unik, sedikit mikir dan kadang absurd. 

Istilah ini muncul diperkirakan karena lawakan ini kerap terlontar oleh kalangan bapak-bapak saat nongkrong dengan teman sebaya atau juga dianggap candaan jadul.

Saya akui setiap orang memiliki selera humor yang berbeda. Justru Jokes ala bapak-bapak ini menjadi pewarna lawakan di tanah air. Apalagi saat ini banyak lawakan khususnya komedian tanah air yang kerap bersifat sarkasme, bullying, body shaming atau candaan lain yang merendahkan pihak lain.

Kini acara komedi di stasiun TV pun kerap mengangkat candaan ala bapak-bapak. Ini seperti cuplikan humor pada video berikut.

Sebenarnya apa sih yang membuat candaan atau jokes bapak-bapak kembali populer dan menjadi daya tarik tersendiri. Sepengamatan saya ada beberapa faktor yang menjadi penguat candaan bapak-bapak begitu diminati dan bahkan terus berkembang. Apa saja itu?

1. Candaan Yang Kerap Tidak Tertebak

Candaan bapak-bapak kerapkali terlontar dalam bentuk pertanyaan. Disini lawan bicara diminta untuk menebak atau memberikan respon terhadap pertanyaan tersebut. Keunikan candaan bapak-bapak ini kadang membuat lawan bicara harus berpikir keras untuk menjawab ataupun jawaban yang diberikan ternyata bukanlah jawaban yang sebenarnya.

Sekelompok Orang Tertawa Lepas | Sumber Bola.com
Sekelompok Orang Tertawa Lepas | Sumber Bola.com

Jawaban terkesan misteri inilah yang membuat candaan ini terasa berbeda. Walaupun ada candaan yang jawabannya bersifat plesetan atau nyeleneh namun tetap bisa membuat tawa meskipun harus berpikir keras mencari korelasi pertanyaan dengan jawaban dari si pemberi candaan.

Contoh ada cuplikan video di salah satu acara TV Nasional. Desta seorang komedian sekaligus host acara melemparkan pertanyaan ke Enzy, kalau di jalan ketemu tahi, bagi dua mau gak?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan