Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Mendidik Anak Berprestasi, Haruskah Melalui Bimbingan Belajar?

23 Agustus 2022   15:51 Diperbarui: 31 Agustus 2022   20:31 325 29 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak berprestasi. Sumber: asierromero via nakita.grid.id

Hari ini rekan kerja yang merupakan ibu dengan anak kelas 2 SD membagikan prestasi anaknya. Meraih medali emas untuk lomba Sains serta perak untuk matematika. Prestasi tingkat nasional yang patut dibanggakan. 

Selain itu sebenarnya saya takjub karena prestasi si anak tidak hanya dari sisi akademisi namun juga non akademis. Juara menyanyi dan menggambar adalah pembuktian lain dari si anak. 

Saya sempat mengobrol singkat bagaimana dirinya bersama suami mendidik anak agar bisa berprestasi. Apakah memasukan si anak ke bimbingan belajar

Jawaban sederhana namun menginspirasi. Dunia anak adalah bermain dan mencari kesenangan. Mengikutkan anak dalam Bimbel di usia yang masih belia akan membuat waktu anak dihabiskan untuk urusan belajar. 

Ternyata pola asuh bisa jadi cara tepat mendidik anak menjadi sosok berprestasi. Beberapa hal ini mungkin bisa jadi cara inspirasi bagi orang tua agar bisa mendidik anak berprestasi. 

# Mindset Anak Pintar Dari Orang Tua Cerdas

Mungkin akan banyak yang Pro dan Kontra terhadap pernyataan ini. Namun kita coba menganalisa dari sisi positif. 

Rekan kerja saya ini menerapkan mindset orang tua harus juga pintar dan cerdas seperti anaknya. Jika memiliki finansial cukup, sebaiknya orang tua menempuh pendidikan yang tinggi. Agar kelak ia bisa jadi inspirasi bagi si anak. 

Orang Tua Membantu Anak Belajar | Sumber Republika
Orang Tua Membantu Anak Belajar | Sumber Republika

Contoh rekan saya ini, suami dan istri meraih gelar S2. Mereka memotivasi si anak agar kelak bisa juga meraih gelar S2 atau bahkan melebihi orang tuanya. Secara tidak langsung, cara ini menanamkan mindset bahwa pendidikan itu penting untuk masa depan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan