Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Bule di Bali

6 Agustus 2022   10:09 Diperbarui: 14 Agustus 2022   15:45 1198 33 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi turis mengunjungi Taman Tirta Gangga, Bali. (sumber: SHUTTERSTOCK/Elizaveta Galitckaia via kompas.com)

Bali memang menjadi surga wisata bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidaklah heran kita akan mudah menemukan wisatawan asing atau yang lebih akrab disapa bule.

Selama ini sempat ada aktivitas atau tindakan bule yang membuat masyarakat Bali cukup geram seperti ada yang berpose bugil di kawasan suci di Bali, bertindak sesukanya, hingga melakukan tindakan kriminal saat berkunjung ke Bali.

Namun tidak sedikit juga para bule ini menunjukan sikap positif yang bisa kita tiru selama mereka berkunjung ke Bali. Setidaknya ada beberapa sikap positif yang sering saya temukan dari para bule saat di Bali. Apa saja itu?

# Tidak Pelit Dalam Memberikan Tip

Warga Lokal Yang Berfoto Dengan 2 Bule | Sumber Djawanews.com
Warga Lokal Yang Berfoto Dengan 2 Bule | Sumber Djawanews.com

Kita seringkali membutuhkan bantuan orang lain dalam melayani atau membantu kita dalam melakukan sesuatu. Misalkan membantu mengantarkan barang bawaan saat di hotel, mengantar kita menuju lokasi tertentu, menitip pesanan makanan dan sebagainya.

Ada kisah menarik yang saya terima dari seorang ojek online. Dirinya merasa sangat antusias jika mendapatkan orderan dari Bule saat di Bali.

Antusias ini dikarenakan umumnya si bule mengapresiasi kinerja atau bantuan orang lain dengan tidak pelit memberikan tip atau uang.

Bahkan si ojek online ini pernah mendapatkan tip sebesar seratus ribu rupiah karena mengantarkan pesanan makanan si bule. Padahal harga makanan tersebut lebih kecil dari tip yang diberikan.

Pemberian Tip Sebagai Apresiasi Terima Kasih | Sumber Situs Grid.id
Pemberian Tip Sebagai Apresiasi Terima Kasih | Sumber Situs Grid.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan