Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

New World Pilihan

10 Tahun Lagi Angkot Akan Langka di Bali

12 Juli 2022   14:44 Diperbarui: 12 Juli 2022   14:48 139 20 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Angkot Yang Tengah Menanti Penumpang Di Terminal | Sumber Backpacker Indonesia

Beberapa hari ini saya baru sadar selama keliling Denpasar. Saya nyaris tidak menemukan Angkutan Kota (Angkot) sepanjang jalan yang saya lalui. Padahal saat 10 tahun lalu, saya masih menemukan Angkot meski rute terbatas. Seingat saya rute Terminal Mengwi-Terminal Ubung atau Terminal Ubung-Rumah Sakit Sanglah. 

Saya mencoba mengingat kembali kenangan menggunakan Angkot di Denpasar. Saat itu jauh dekat hanya perlu membayar Rp. 2.000/orang. Bahkan jika pelajar dengan menggunakan seragam sekolah cukup membayar Rp. 1.000/orang.

Saya bandingkan saat dulu kuliah di Malang. Jumlah angkot di Malang jauh lebih banyak dibandingkan di Denpasar. Bahkan ada rute yang masuk jalan perkampungan sehingga tidak susah jika ingin bepergian. 

Ketika ada teman yang hendak wisata ke Bali. Sering ada pertanyaan, adakah Angkot di Bali? Pertanyaan ini muncul karena ada keinginan untuk menggunakan transportasi umum selama bepergian di Bali. Saya biasanya menjawab ada namun dengan rute terbatas. 

Namun sepertinya 10 tahun kedepan, Angkot akan menjadi langka di Bali. Ada beberapa alasan mengapa saya menuliskan hal ini antara lain :

1. Penggunaan Motor Tergolong Tinggi

Jika sobat Kompasiana berkunjung ke Bali, jangan kaget jika setiap rumah nyaris akan ada motor. Tidak hanya itu banyak keluarga yang memiliki lebih dari 1 motor. Umumnya motor yang dipakai orang tua dan anak. 

Motor Yang Disewakan Di Bali | Sumber Situs Sewa Motor Bali
Motor Yang Disewakan Di Bali | Sumber Situs Sewa Motor Bali

Bagi masyarakat Bali, menggunakan motor terkesan lebih praktis dan mampu menjangkau tempat dengan akses terbatas. 

Menurut data dinas perhubungan Bali, jumlah kendaraan motor di Bali mencapai 4,1 juta unit sedangkan jumlah penduduk Baki berkisar 4,2 juta jiwa. Artinya nyaris mendekati 1:1 (Sumber Klik Disini). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten New World Selengkapnya
Lihat New World Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan