Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

[Jumat Diary] Kompasiana dan Kategori Baru

24 Juni 2022   19:24 Diperbarui: 24 Juni 2022   20:20 164 33 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Informasi Pembaharuan Kategori Kompasiana | Sumber Tim Kompasiana dalam Situs Kompasiana

Wuah hari ini terdapat sesuatu yang spesial dan berbeda. Ketika tadi siang hendak menulis artikel. Saya merasa ada yang berubah pada kategori penulisan di Kompasiana. 

Teringatlah pada pemberitahuan oleh Admin Kompasiana bahwa akan ada pembaharuan kategori yang dilakukan mulai 20-24 Juni 2022. 

Pertimbangan mulai bertambahnya isu/topik yang mulai berkembang di masyarakat, ada kategori yang terkesan tumpang tindih, pembaharuan nama hingga penempatan sub kategori yang dirasa perlu dirubah (Berita Selengkapnya Klik Disini). 

Perlahan saya mengecek kategori apa saja yang mengalami penambahan dan perubahan. Lucunya ketika saya mencoba ingin mencatat kategori baru. Entah kenapa jelang beberapa saat terjadi perubahan. Ini terjadi berulang kali yang akhirnya saya menunggu saja hingga dirasa kategori sudah fix. 

Berdasarkan pengamatan saya, ada beberapa kategori utama yang bertambah seperti Vox Pop kemudian ada penyesuaian nama seperti :

  • Kategori Wisata menjadi Travel Story
  • Kategori Teknologi menjadi Inovasi
  • Kategori Ekonomi menjadi Money

Tidak hanya itu, ada juga sub kategori yang bertambah atau bahkan menghilang dari Kompasiana. Sub kategori yang bertambah antara lain : parenting, beauty, green, book, games, beladiri, home, gadget dan masih ada beberapa lainnya. 

Disisi lain ada juga sub kategori yang menghilang seperti novel, e-sport, kuliner dan pemerintahan. Mungkin ada pertimbangan khusus terkait hilangnya sub kategori ini seperti minimnya penulis di sub kategori Novel. Sastrawan di Kompasiana lebih banyak menulis Cerpen karena tulisan tidak sepanjang Novel. 

E-sport mungkin dialihkan ke sub kategori pengganti yaitu games dan kuliner terasa mirip dengan sub kategori foodie. Sayangnya sub kategori pemerintahan yang lagi naik daun justru menghilang. Untung saja saya sempat menulis di sub kategori ini. Tetap ada kata "Untung" dalam setiap kondisi. 

Bagaimana opini saya terkait perubahan kategori ini? 

Secara personal saya harus mengikuti setiap aturan dan kebijakan admin dan pengelola Kompasiana. Ibarat saya sebagai penulis hanya menumpang atau istilah kece ngkost di rumah blog bersama ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan