Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Sikap Egois Bisa Dicegah Sedari Kecil, Ini Cara Sederhananya

22 Juni 2022   19:44 Diperbarui: 26 Juni 2022   09:40 749 21 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
2 Orang Yang Menunjukan Sikap Ego Masing-Masing | Sumber: Dale Carnegie via Tribunnews

Saya ada pengalaman yang kurang menyenangkan. Seorang rekan kerja meminjam peralatan di divisi saya (anggap printer) dengan alasan alat yang di divisinya sedang rusak. 

Saya tanpa pikir panjang mengizinkan mengingat ingin saling membantu dan alat tersebut milik inventaris kantor. Sepatutnya bisa digunakan bersama. 

Keadaan tiba-tiba terbalik, kini alat di divisi saya yang mengalami kerusakan. Maksud hati saya ingin meminjam peralatan milik rekan saya yang sebelumnya pernah saya bantu. 

Sayang respon yang diberikan kurang enak. Dirinya menolak meminjamkan karena alasan akan digunakan. Meskipun saya tahu alat itu adalah inventaris kantor dan alasan akan digunakan ternyata "alasan fiktif" semata. 

Dalam hati saya menilai dirinya memiliki sikap egois dan mau menang sendiri. Ini pun didukung dengan penilaian rekan-rekan kerja lain yang pernah merasa kecewa dengan sikap dirinya. 

Kondisi ini lumrah terjadi di sekitar kita. Menemukan karakter seseorang yang terlihat egois, mau menang sendiri dan berusaha melakukan sesuatu yang lebih menguntungkan dirinya sendiri. 

Saya pun berpikir, mungkinkah sikap egois ini tertanam dalam diri seorang sejak masa kecil? 

Anak Yang Terlihat Egois Karena Tidak Mau Berbagi Makanan | Sumber Eventkampus.com
Anak Yang Terlihat Egois Karena Tidak Mau Berbagi Makanan | Sumber Eventkampus.com

Pandangan ini muncul karena saya juga sering melihat sikap egois dalam diri anak kecil. Contoh ada kakak yang tidak mau berbagi dengan adiknya. Ada anak kecil yang ingin selalu diistimewakan dan lain sebagainya. 

Bagi saya, ada beberapa tindakan sederhana yang bisa diterapkan kepada buah hati, adik atau seseorang sejak usia dini. Ini tujuannya agar mereka bisa terhindar dari sikap egois. Apa saja itu? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan