Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Artikel Utama

Yuk Semarakan HUT RI dengan Keluarga Meski di Rumah Aja

16 Agustus 2021   09:17 Diperbarui: 17 Agustus 2021   15:15 709 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Yuk Semarakan HUT RI dengan Keluarga Meski di Rumah Aja
Ilustrasi lomba makan kerupuk khas 17 Agustus. (Dok. Shutterstock via kompas.com)

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) selalu identik dengan keseruan karena banyak masyarakat yang mengadakan perlombaan antar warga. Namun HUT RI ke-76 yang jatuh besok 17 Agustus 2021 bisa terasa sedikit berbeda karena masih berada pada nuansa pandemi. 

Bagi saya, keseruan merayakan HUT RI masih bisa diciptakan meski hanya di rumah saja dan bersama anggota keluarga. Ada banyak perlombaan sederhana yang bisa dilakukan bersama anggota keluarga tercinta. Apa saja itu? 

1. Game Temukan Harta Karun

Orang tua cukup menyiapkan uang pecahan atau makanan. Untuk makin seru bisa digabung antara uang pecahan seperti 1.000, 2.000,5.000 hingga 10.000 dengan snack atau jajanan kesukaan anak sebagai harta karun yang akan anak cari. 

Anak yang Memiliki Misa Mencari Harta Karun Tersembunyi. Sumber Situs Parenting
Anak yang Memiliki Misa Mencari Harta Karun Tersembunyi. Sumber Situs Parenting

Uang atau makanan disebar di tempat tidak terduga di sekitar rumah seperti dibawah kolong meja, di bawah baju yang ada di dalam lemari, di samping pot tanaman dan sekitarnya. 

Selagi para orang tua sibuk meletakkan harta karun, anak-anak bisa menunggu di dalam kamar agar mereka tidak tahu dimana lokasi harta karun diletakkan. 

Setelah dirasa semua harta karun telah tersebar merata. Barulah anak-anak diberi petunjuk dan diberi waktu untuk mencarinya misalkan 10 menit. Mereka tentu akan antusias mencari apalagi harta karun adalah uang atau makanan yang mereka suka. 

Anak-anak dapat mengumpulkan uang atau makanan sebanyak mungkin yang mereka temuka selama masih dalam durasi yang ditentukan. Makanan dan uang yang terkumoul akan menjadi milik mereka setelah permainan usai. 

Tujuan permainan ini : 

  1. Mengajarkan ketelitian karena harus mencari harta karun sebanyak mungkin ditempat tersembunyi
  2. Mendidik jiwa berkompetisi karena berusaha mengumpulkan harta karuj sebanyak mungkin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan