Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Menyisir Keindahan Sumber Maron, Sungai Tumpuan Ekonomi Warga Malang

26 Juli 2021   23:58 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:54 263 22 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyisir Keindahan Sumber Maron, Sungai Tumpuan Ekonomi Warga Malang
Menyusuri keindahan Sumber Maron, Malang| Sumber: Eki Tirtana Zamzani via surabaya.tribunnews.com

Dulu di otak saya sungai identik sebagai aliran air yang digunakan untuk irigasi sawah, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), tempat memancing atau tempat mandi, mencuci dan buang sampah bagi warga yang tinggal disekitar aliran sungai.

Tidaklah heran saya agak geli jika mandi di sungai yang airnya berwarna coklat, banyak sampah yang ikut terbawa air serta (maaf) jika sedang apes ada saja tinja manusia dan hewan yang mengambang di aliran sungai. 

"Sungai oh sungai, sungguh merana dirimu"

Ibarat sepenggal bait puisi atau justru mengarah ke sebuah lirik lagu, nyatanya memang sungai dimasa sekarang telah banyak yang tercemar. Namun pemikiran saya pudar ketika sempat tinggal di daerah Malang

Seorang teman mengajak saya bermain air di Sungai Maron, sungai yang mulai populer di kalangan warga Malang. 

Keindahan Wisata Sungai di Sumber Maron Malang. Sumber: Situs Travel Promo
Keindahan Wisata Sungai di Sumber Maron Malang. Sumber: Situs Travel Promo

Terletak di Dusun Adi Luwih, Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang ini berhasil mengubah pandangan saya bahwa ternyata ada aliran sungai yang tidak hanya bersih dengan air yang sejuk namun juga mampu mendukung perekonomian warga sekitar. 

Apa yang Membuat Sumber Maron Begitu Spesial? 

Saya mengakui bahwa Sumber Maron tidak hanya mengandalkan air yang jernih namun juga penataan lingkungan sudah terkonsep rapih. Jika saya bisa memberi nilai, saya memberikan nilai 8.7/10. Sebuah nilai yang mendekati sempurna. 

Menguntip dari salah satu situs online, penataan Sumber Maron tidak terlepas dari adanya perhatian dari masyarakat semata namun juga dari berbagai instansi. Di tahun 2005, kawasan ini mendapat bantuan dari World Bank sebagai bagian dari upaya penciptaan Program Air Bersih dan Sanitasi bagi Masyarakat Miskin. 

Bantuan ini menjadi cikal bakal penataan Sumber Maron yang kini menjadi area eduecoutourism atau kawasan wisata yang menitikberatkan pada wisata edukasi dan lingkungan. 

Hal luar biasa lainnya di tahun 2011 kawasan Sumber Maron juga mendapatkan bantuan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Adanya PLTMH ini menjadi sumber energi yang memasok listrik untuk warga di wilayah sekitar (sumber klik disini). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x