Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ketika Batu Diguncang Gempa, Tanda Alam Sedang Tidak Baik-baik Saja?

11 April 2021   19:45 Diperbarui: 11 April 2021   20:14 242 10 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Batu Diguncang Gempa, Tanda Alam Sedang Tidak Baik-baik Saja?
Informasi Guncangan Gempa di Malang. Sumber Suara Malang

Kemarin di WhatsApps dibanjiri oleh status teman-teman tentang gempa yang melanda sebagian daerah di Jawa Timur. Gempa berkekuatan 6,7 SR berpusat di Malang Selatan berhasil mengguncang Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu); Pasuruan Raya (Kabupaten dan Kota Pasuruan), Tulungagung bahkan hingga ke Trenggalek. 

Dasyatnya guncangan gempa ini bahkan menciptakan kerusakan parah di Batu Secret Zoo, salah satu wahana kebun binatang indoor di Kota Batu. Kerusakan dapat terlihat dimana patung Gorilla setinggi 7 meter yang menjadi salah satu icon utama di Batu Secret Zoo. Patung ini rusak parah dimana bagian kepala patung roboh.

Robohnya Patung Gorilla di Batu Secret Zoo. Sumber Situs Pikiran Rakyat
Robohnya Patung Gorilla di Batu Secret Zoo. Sumber Situs Pikiran Rakyat

Bagi saya fenomena ini tergolong mengerikan mengingat Kota Batu berlokasi cukup jauh dari pusat gempa dan termasuk dataran tinggi. Saya mencoba mengingat kembali pengalaman saya tinggal di Malang selama 6 tahun dari 2009 hingga 2015, gempa yang pernah saya rasakan hanya itungan jari. Seingat saya tidak lebih dari 5 kali gempa yang terasa. Bahkan jikapun ada gempa, guncangannya tidak terlalu parah dan berlangsung sebentar. 

Bahkan ketika pernah terjadi gempa di Malang, saya mencoba bertanya kepada beberapa teman yang di tinggal di Kota Batu. Justru mereka tidak merasakan gempa tersebut. Tidak salah rasanya jika akhirnya selama saya tinggal di Malang dalam kurun waktu 2009-2015 mengganggap Kota Batu masih masuk kategori wilayah aman dari gempa.

Kota Batu yang notabane-nya kawasan wisata populer di Jawa Timur selalu banyak dikunjungi oleh pelancong baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing. Tersedianya berbagai wahana wisata alam maupun rekreasi seperti Jatim Park 1,2 dan 3; Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular (BNS), Museum Angkut, Taman Selecta, Eco Green Park dan masih banyak lainnya. 

Beberapa wahana wisata tersebut bahkan menyediakan spot permainan seperti di Jatim Park, BNS dan Batu Secret Zoo. Dibukanya kembali beberapa wahana wisata di Kota Batu yang sempat ditutup di tengah pandemi memberikan angin segar bagi wisatawan maupun pengelola. 

Guncangan gempa yang terjadi sejak kemarin hingga adanya gempa susulan hari ini tentu akan berdampak besar terhadap keselamatan masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Kota Batu. 

Entah kenapa ada ketakutan ketika membayangkan wisatawan yang tengah asyik bermain wahana seperti rollercoaster, dragon rider atau kora-kora kemudian tiba-tiba terjadi gempa. Tentu akan menciptakan kepanikan dan ketakutan bagi pengunjung. 

Ketika asyik bermain rollercoaster tiba-tiba terjadi gempa yang kuat, ini akan menjadi momen yang mengerikan. Jujur jika kejadian itu terjadi pada saya tentu saya akan keringat dingin dan akan muncul paranoid tersendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN