Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

5 Alasan Khusus Selagi Muda Perbanyaklah Traveling

11 April 2021   08:22 Diperbarui: 14 April 2021   22:30 568 14 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Alasan Khusus Selagi Muda Perbanyaklah Traveling
Ilustrasi traveller. (Foto: Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf via KOMPAS.COM)

Traveling atau berwisata menjadi salah satu cara yang dilakukan masyarakat ketika ada waktu luang khususnya libur panjang. Ada yang sekedar pergi ke tempat menarik di dekat daerahnya, ada yang menjelajahi daerah lain di Indonesia atau bahkan mengagendakan keluar negeri. 

Traveling juga menjadi hobi saya. Sebisa mungkin saya membuat planning liburan jika ada waktu senggang baik sendiri ataupun bersama teman. Saya memiliki prinsip selagi muda, perbanyaklah liburan. Ada 5 alasan khusus kenapa prinsip ini baik diterapkan. 

1. Fokus Setelah Nikah Adalah Keluarga

Ketika masih muda dan berstatus single atau belum menikah. Orientasi hidup masih menyenangkan diri sendiri. Ketika kita sudah memiliki penghasilan, menyisihkan sebagian untuk traveling masih sah-sah saja. 

Seorang teman saya semasa kuliah bahkan setiap tahun membuat bucket list daerah mana saja yang ingin dikunjungi. Bahkan dalam bucket list-nya selalu ada beberapa negara yang ingin dijelajahi. Teman saya ini mengatakan selagi muda dan single puaskan diri dulu untuk traveling karena jika sudah menikah maka fokus kita adalah untuk keluarga. 

Wow, ini pernyataan yang bijak dan memiliki alasan kuat. Selagi sebelum menikah, menghabiskan jutaan atau bahkan belasan juta untuk menjelajahi tempat baru yang kita suka adalah pilihan kita sendiri. Ada rasa kepuasan dan pengalaman sendiri jika mengunjungi daerah yang selama ini diidamkan. 

Melihat bunga sakura langsung di Jepang, merasakan salju di negara Eropa, melihat langsung Komodo di Pulau Komodo atau Snorkeling di Raja Ampat tentu membutuhkan dana yang besar. 

Ketika sudah menikah dan memiliki anak, sebagai orangtua yang bijak tentu pengeluaran akan diatur sebisa mungkin. Mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk wisata tentu lebih bijak jika dialihkan untuk membeli kebutuhan anak yang masih kecil seperti popok, susu bayi hingga baju anak. Tidak hanya itu kita juga perlu menabung untuk kebutuhan anak kedepan seperti biaya sekolah yang semakin mahal tiap tahunnya.

Keinginan berwisata ke tempat yang jauh tentu akan semakin sulit karena harus menyiapkan dana ekstea. Tidak mungkin berwisata seorang diri ketika sudah punya pasangan dan anak. Itulah alasan utama mengapa selagi muda dan single, puaskan diri dulu menjelajahi daerah impian kita. 

Traveler Muda Tengah Menikmati Keindahan Alam. Sumber Situs Yourstory.com
Traveler Muda Tengah Menikmati Keindahan Alam. Sumber Situs Yourstory.com

2. Ada Kisah Menarik Yang Bisa Diceritakan Pada Anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN