Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

4 Pilihan Skala Prioritas Versi Saya dalam Menentukan Pekerjaan Idaman

23 Februari 2021   19:45 Diperbarui: 25 Februari 2021   18:16 211 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
4 Pilihan Skala Prioritas Versi Saya dalam Menentukan Pekerjaan Idaman
Ilustrasi pekerjaan idaman (Sumber: thinkstockphotos via KOMPAS.com)

Aku sempat bertanya kepada teman kerja. Mana yang ingin kamu pilih antara jarak, lingkungan, fasilitas, atau gaji untuk menentukan pekerjaan idaman? 

Secara tidak mengejutkan dirinya menjawab ingin semuanya. Lumrah karena sifat dasar manusia pasti menginginkan hal baik sebanyak mungkin meskipun ada embel-embel untuk memilih. Namun jika bisa mendapatkan semua hal baik kenapa tidak. Saya sempat tersenyum kecil melihat respons teman saya ini. 

"Jika 4 pilihan itu kita dapatkan secara keseluruhan pada pekerjaan yang kita geluti saat ini maka sudah dipastikan itu adalah kerjaan idaman. Jangan sesekali untuk melepaskan pekerjaan tersebut."

Nyatanya, kita harus berpikir realistis. Adakalanya kita hanya mendapatkan 1-3 pilihan saja di dalam pekerjaan yang saat ini kita geluti atau kemungkinan kita lamar. Tetap saja akan ada hal yang kurang berkenan atau tidak sesuai dari pekerjaan yang kita geluti atau kita lamar. 

Misalkan kamu mendapatkan pekerjaan yang dekat dengan rumah bahkan cukup berjalan kaki, posisi kerjaan pun sesuai dengan passion-mu tapi ternyata gaji yang diberikan tidak sesuai ekspektasi.

Atau kamu mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang sesuai ekspektasi, posisi yang ditawarkan juga sesuai dengan impianmu tapi setelah bekerja suasana lingkungan kerja tidak nyaman. Inilah yang membuat selalu ada hal kurang dan masih jauh dari pekerjaaan super ideal. 

Setelah saya mencoba merenung dalam diri, saya pun memiliki jawaban tersendiri atas pertanyaan tersebut dan membuat skala prioritas untuk menentukan apa yang menjadi pilihan utama saya dalam bekerja. Berikut skala prioritas saya dari 4 pilihan di atas berdasarkan urutan terbawah hingga teratas. 

#4. Jarak

Saya menempatkan jarak sebagai pilihan terbawah. Kenapa? Ada alasan tersendiri mengapa jarak tinggal dengan lokasi pekerjaan bukanlah hal yang patut dicemaskan. 

Pekerjaan ideal atau pekerjaan impian umumnya jarang tersedia di sekitar tempat tinggal. Tidak sedikit para pekerja harus bepergian jarak jauh untuk menuju lokasi kerja. Bahkan ada yang rela merantau dan jauh dari keluarga hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang hanya tersedia di kota besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x