Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain | Headliners 2021 | Best in Specific Interest 2021 Nominee

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Perlukah Pria Melakukan Perawatan Diri?

25 Juni 2020   09:42 Diperbarui: 26 Juni 2020   03:00 448
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perawatan Diri Bagi Pria (Sumber Gambar: www. Amazon.com)

Pertayaan ini masih sering muncul di pikiran saya. Wajar karena selama ini perawatan diri identik dengan kaum wanita. Jujur saya tidak terlalu melakukan perawatan diri hanya sebatas sabun cuci muka dan minyak rambut. Namun belakangan ini banyak teman yang mulai mengkritik penampilan saya yang terkesan biasa aja.

"Indra, kamu itu sebenarnya cakep tapi sayang kucel", lontaran teman A

"Kamu gak malu, udah di posisi ini tapi staffmu lebih kinclong dibandingkan atasannya", pernyataan teman B

"Sama diri sendiri aja gak perhatian apalagi sama yang lain", kritik teman C

"Kamu tuh pelit banget ya. Gak mau keluarin uang dikit buat perawatan", sindiran teman D

Itu adalah hanya sebagian ungkapan teman terhadap diri saya. Sakit hatikah? Sedikit, tapi saya juga perlu mengambil hikmahnya. Ibarat jika hanya 1 orang yang memberikan masukan mungkin masih bisa kita abaikan. Tapi jika lebih dari 1 orang menyatakan hal sama maka kita perlu mempertimbangkan hal tersebut. Apalagi posisi saya di perusahaan yang otomatis menjadi representasi perusahaan khususnya saat bertemu dengan pihak lain.

Saya akhirnya mulai mencari tahu melalui internet seberapa penting pria melakukan perawatan diri serta perawatan apa yang cocok untuk pria?

Ketakutan saya ketika melakukan perawatan munculnya anggapan bahwa saya akan seperti pria metroseksual yang selalu mementingkan penampilan atau menjadi kemayu. 

Ternyata dari berbagai literatur dan video yang saya baca, pria juga penting untuk melakukan perawatan diri buktinya banyak produk perawatan yang ditujukan untuk pria seperti sabun muka, sabun mandi, pisau cukur, serum wajah, body lotion dan sebagainya.

Selagi pria tersebut melakukan perawatan yang wajar tidak terlalu ekstrem seperti filler bibir, suntik botok, sulam alis, tanam benang ataupun operasi wajah seperti sosok barbie cowok maka kesan maskulin pria masih terjaga. 

Umumnya pria hanya melakukan perawatan seperti menghilangkan komedo, menghilangkan flek hitam di wajah akibat luka atau jerawat, mencerahkan kulit, menyuburkan rambut kepala, memelihara kumis, jenggot atau jambang atau sekedar menghilangkan bulu di area yang tidak diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun