Mohon tunggu...
Indra Mahardika
Indra Mahardika Mohon Tunggu... Hanya seorang pria biasa

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir secara bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Tips Berharga, Permudah Melamar Pekerjaan dengan Keterampilan Ini

15 Desember 2018   20:39 Diperbarui: 16 Desember 2018   05:38 0 2 0 Mohon Tunggu...
Tips Berharga, Permudah Melamar Pekerjaan dengan Keterampilan Ini
Ilustrasi Melamar Pekerjaan. Sumber Gambar Yukepo.com

Saat ini banyak anggapan bahwa mendapat pekerjaan itu sulit. Wajar karena saat ini untuk mendapatkan satu posisi di sebuah perusahaan/tempat kerja maka sang pelamar harus bersaing dengan pelamar lainnya. 

Tentu saja untuk mendapatkan posisi tersebut, perusahaan akan menilai mengapa seorang kandidat itu layak diterima dibanding pelamar lain artinya harus ada kelebihan lain yang tidak dimiliki kandidat lainnya.

Apabila ada persepsi menyatakan, memanfaatkan relasi dari orang dalam pasti memiliki peluang diterima lebih besar maka saya tidak menentang persepsi itu 100 persen karena dalam realitanya memang banyak kursi kosong justru diisi oleh seseorang yang memiliki rekanan dalam perusahaan tersebut.

Jangan pantang menyerah, itu adalah kuncinya. Sejatinya orang yang diterima karena usahanya sendiri justru lebih dihargai dan cenderung memberikan performa yang lebih baik dibandingkan orang yang diterima karena faktor relasi. Bagaimana cara agar saya diterima mudah disebuah perusahaan?

Seorang pelamar yang baik seharusnya tahu bagaimana dirinya mau menonjol dibandingkan yang lainnya melalui Curriculum Vitae (CV). CV merupakan nilai jual pertama yang akan dibaca oleh HRD ataupun interviewer

Kesalahan terbesar adalah CV yang dibuat pelamar terkesan biasa, monoton, dan seakan dibuat untuk disebar di segala posisi. Patut diingat, seleksi CV adalah kompetisi pertama dalam dunia kerja karena HRD akan memisahkan mana kandidat yang layak diundang ataupun tidak.

Saya berbagi tips  cara meningkatkan nilai jual CV anda sehingga memiliki peluang untuk diundang dalam tahap selanjutnya. Tips  yang saya berikan adalah berdasarkan pengalaman saya saat melakukan filterisasi CV berdasarkan kriteria yang saya inginkan.

Pada tulisan saya ini, saya akan berbagi tentang keterampilan apa yang harus dimiliki oleh seorang kandidat agar menjadi unggul untuk posisi Admin dan Marketing yang begitu diminati namun banyak pesaing.

Bekali Dirimu dengan CV yang Baik. Sumber Gambar Sidomi.com
Bekali Dirimu dengan CV yang Baik. Sumber Gambar Sidomi.com
- Posisi Admin

Admin adalah posisi yang sangat diminati oleh para pelamar dikarenakan banyak posisi admin yang diperuntukkan untuk berbagai jurusan dan tingkat pendidikan. Terbukti disaat saya meminta HRD untuk membuka lowongan untuk posisi admin, lamaran yang masuk bahkan hingga ratusan ini membuktikan bahwa posisi admin begitu diminati.

Tingginya surat lamaran yang masuk tentu membutuhkan cara tersendiri untuk menyortir lamaran tersebut sehingga yang diundang nantinya tidak begitu banyak dan memiliki kriteria yang telah sesuai. Keterampilan apa yang menjadi nilai jual seseorang untuk diterima di posisi ini. Berikut tips yang dapat saya bagikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x