Mohon tunggu...
Indra Kurniawan
Indra Kurniawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mari Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

PMM Kelompok 102 Gelombang 15 Mengadakan Pelatihan tentang Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint Menjadi Video

26 Oktober 2021   08:11 Diperbarui: 26 Oktober 2021   08:17 161 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
foto saat melakukan kegiatan bersama guru SDN 24 Sungai Rengas/dokpri

Pada era revolusi 4.0 menuju 5.0 ini, guru harus mengerti akan pentingnya teknologi yang sedang berkembang. Berbagai macam media pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran berlangsung, salah satunya adalah video pembelajaran. 

Video pembelajaran dapat dengan mudah jika guru mengetahui dasar-dasar untuk pembuatannya. Contoh untuk membuat video pembelajaran adalah dari PowerPoint (PPT) dapat diubah menjadi video pembelajaran.

Pada bulan September 2021 kelompok 102 gelombang 15 PMM Universitas Muhammadiyah Malang yang beranggotakan Lisa Febrianti dan Indra Kurniawan mengadakan pelatihan kepada para guru di SD Negeri 24 Sungai Kakap. Pelatihan ini dilaksanakan karena pada saat ini para guru harus memiliki ilmu dasar untuk penggunaan teknologi. "pelatihan ini berguna untuk para guru di SD Negeri 24, yang mana guru masih sedikit bingung dalam penggunaan teknologi yang ada" tutur Pak Nazarhan, S.Pd selaku kepala sekolah SD Negeri 24.

Pelatihan ini dilakukan selama 2 hari karena SD Negeri 24 Sungai Kakap sedang melakukan PTM (Pertemuan Tatap Muka) terbatas di sekolah. Dimulai dari siswa yang menggunakan sistem setengah masuk dan setengah lagi online begitu pula dengan guru, secara bergantian masuk ke sekolah untuk mengurangi dampak dari penyebaran covid-19.

Pada hari pertama para guru terlihat penuh semangat untuk mencoba pembuatan PowerPoint yang dapat diubah menjadi video pembelajaran. Mahasiswa memberikan materi dengan cara yang dapat memudahkan para guru untuk membuat PowerPoint. 

Pelatihan ini bertujuan agar para guru juga mengikuti perkembangan zaman di mana pada pembelajaran saat ini membutuhkan teknologi yang semakin pesat dan juga para guru dapat dengan mudah membuat media pembelajaran yang berbasis teknologi meskipun menggunakan cara yang sederhana.

Pada hari kedua dengan guru yang berbeda. Tidak kalah dengan sesi sebelumnya, para guru juga bersemangat dalam pelatihan. Ada guru yang menyelesaikan beberapa video pada hari itu juga. Selain memberikan pelatihan pembuatan PowerPoint, mahasiswa kelompok 102 juga memberikan pelatihan dalam penggunaan suatu aplikasi meeting untuk memudahkan para guru dan staf sekolahan rapat dadakan.

Meskipun ada guru yang tidak memiliki laptop untuk pembuatan PowerPoint, namun tidak menghalangi semangat para guru untuk mencoba cara lain untuk membuatnya yaitu dengan bantuan ponsel masing-masing dari guru. Teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat hal ini dapat memudahkan setiap orang untuk melakukan sesuatu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan