Mohon tunggu...
Indra Cahyanto
Indra Cahyanto Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Balap

Kuda Besi Bertaruh "Nawa" dan "Harta"

19 Juli 2018   17:31 Diperbarui: 19 Juli 2018   17:45 584
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kita sering dengar dengan yang namanya kuda besi. sudah banyak yang beralih ke ranah ini dengan banyak yang mengikuti ranah ini tetapi bukan dengan keselamatan yang sangat terjaga melainkan yang bertaruh  "nyawa". bisa kita bilang balap liar yang sangat meresahkan warna yang sedang beristirahat pada malam hari, bnayak juga korban yang bertaruh selain warga sekitar yang ingin pulang dari kerja.

Meskipun tergolong masih sangat amatiran dibanding perlombaan balap motor yang kita tonton di TV, namun jika dilihat lebih dekat lagi, mungkin kita akan terkesima, karena ternyata banyak kesamaan antara balap yang berlabel "Moto GP" dengan yang berlabel "Balap Liar". Mungkin kalau ditanya mengenai perbedaan, pasti kebanyakan kita sudah tahu, karena yang ditayangkan di TV adalah pembalap profesional, bergaji, dikontrak dan lain sebagainya, sedangkan pembalap liar tentu kebalikannya.

Jika kita melihat dari segi tingkat ekonomi, tentu yang bergabung di dalam kelompok/klub ini adalah mereka yang berasal dari keluarga yang termasuk dalam tingkat ekonomi menengah ke atas. Hal ini dapat kita lihat dari fasilitas yang mereka gunakan dan biasanya adalah milik mereka sendiri, seperti kereta yang kita ketahui harganya boleh dikatakan relatif mahal.

 Seperti organisasi pada umumnya, ternyata kelompok pembalap liar ini juga mempunyai struktur organisasi dan juga mempunyai sekretariat yang sering mereka sebut dengan istilah "tempat ngumpul" atau "tempat nongkrong" dengan sesama anggota kelompoknya. 

Biasanya tempat ngumpul mereka tersebut adalah sebuah bengkel yang pemiliknya adalah salah satu dari anggota kelompok tersebut. Tidak jarang antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain terlibat dalam suatu kegiatan balap liar. 

Pembagian tugas di dalam kelompok ini biasanya menjadi sangat jelas ketika mereka akan mengadakan kegiatan tersebut. Tujuan pembagian tugas dilakukan agar seluruh anggota mempunyai tanggung jawab, di antara mereka ada yang akan bertugas sebagai panitia, joki (pembalap), mekanik (orang yang "meracik" mesin kereta untuk kegiatan balapan), juri start , juri finish, pengawas, pemeriksa lintasan dan bandar.

1. Panitia adalah mereka yang bertugas untuk melakukan negosiasi atau menghubungi kedua belah pihak yang akan bertanding.

2. Joki (pembalap) adalah orang yang akan mengendarai sepeda motor.

3. Mekanik adalah orang yang ahli tentang mesin (meracik) agar kereta yang dipakai untuk perlombaan mempunyai kecepatan tinggi.

4. Juri start adalah orang yang bertugas untuk mengawasi perlombaan di garis start, biasanya terdiri dari orang-orang yang ditunjuk kedua belah pihak.

5. Juri finish tidak jauh berbeda dengan juri start, hanya saja juri ini bertugas untuk mengawasi perlombaan di garis finish.

6. Pengawas adalah orang yang berhak untuk membantu kelancaran balapan. Biasanya mereka ditempatkan di tempat-tempat yang rawan, misalnya persimpangan jalan, karena yang digunakan adalah jalan raya. Merekalah yang bertugas untuk memperingatkan orang lain tentang adanya perlombaan.

7. Pemeriksa lintasan adalah mereka yang biasanya bertugas untuk memeriksa keadaan jalan, apakah layak untuk dijadikan tempat perlombaan atau tidak.

Bandar adalah orang yang bertugas untuk memegang taruhan kedua belah pihak, karena biasanya pihak-pihak yang bertanding mempunyai taruhan sejumlah uang yang telah disepakati.

Jarak yang mereka tempuh dalam perlombaan juga merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak. Muncul pertanyaan, apakah di dalam balapan tersebut selalu berjalan mulus seperti yang diharapkan? Bagaimana jika terjadi masalah, misalnya saja dengan pihak kepolisian.

ini awal balap akan dimulai seperti kita lihat yang seperti ini juga sering di temukan di jalan yang sangat sepi. Biasa mulai start jam 01:00 bisa lebilebih awal sampai pagi hari ajang seperti ini sangat menarik dikalangan anak remaja. 

.extendtube.com
.extendtube.com
inipun sering terjadi pihak kepolisian turun ke jalan untuk menangkap pembalap liar yang sangat meresahkan masyarakat. banyak laporan yang sering pihak kepolisian dapat dari masyarakat yang begitu resah dan susah untuk turun menangkap pembalap liar. komunitas pembalap ini tidak selamanya melakukan kegiatan tersebut semulus yang diharapkan. 

Komunitas ini sering mendapat gangguan dari adanya razia yang dilakukan pihak kepolisian. Bahkan tidak jarang mereka terpaksa bubar dan lari tunggang langgang jika aparat kepolisian datang untuk melaksanakan razia di tempat tersebut. Akan tetapi setelah petugas kepolisian tersebut berlalu, mereka biasanya akan kumpul kembali.

Sebelum dilaksanakannya perlombaan biasanya dilakukan pengumpulan taruhan oleh bandar. Bandar ini biasanya adalah orang yang bertanggung jawab mengenai uang taruhan, pencatatan, dan juga pengumpulan uang kepada rekan-rekannya.

Pada saat start, tidak jarang terjadi pengulangan start, jika ada pembalap yang dianggap melakukan kecurangan, akan tetapi mereka biasanya akan melakukan start kembali sampai hasilnya dinyatakan sah menurut juri start. Dan untuk penentuan pemenangnya juri finish-lah yang mempunyai peran.

Setelah pertandingan dan ditentukan pemenangnya, maka mereka akan langsung menjumpai bandar untuk memberikan hasil kemenangan dari taruhan tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat dipercaya menduduki posisi yang ada dalam penyelenggaraan balapan tersebut, antara lain:

1. Mekanik

Dari namanya saja kita sudah dapat menduga bahwa orang ini pasti orang yang mempunyai kemampuan atau orang yang mengerti tentang mesin kendaraan. Memang syarat untuk menjadi seorang mekanik dalam balapan liar haruslah memiliki pengetahuan di bidang mesin. Biasanya yang menjadi mekanik adalah orang yang mempunyai bengkel yang dijadikan sebagai sekretariat mereka. 

Seorang mekanik tidak boleh ketinggalan informasi mengenai teknologi terbaru seputar mesin kendaraan yang mereka pergunakan untuk balapan. Di samping itu seorang mekanik biasanya juga merupakan orang yang mendapat kepercayaan dari kelompoknya untuk meracik kereta untuk balapan yang sering mereka sebut dengan istilah kereta kencang.

2.Joki (Pembalap)

Keberhasilan dalam meraih kemenangan di samping ditentukan oleh kemampuan mekanik untuk meracik kereta agar kencang juga besar faktornya disebabkan oleh kemampuan jokinya. Seorang joki harus memiliki kemampuan untuk mengetahui kekuatan kereta yang akan dipakai untuk balapan juga kelebihan dan kekurangan kereta tersebut. 

Selain itu seorang joki juga harus memiliki kemampuan (skill) untuk membawa kereta kencang sehingga mencapai hasil optimal. Seorang joki juga harus memiliki nyali besar, karena biasanya dalam balapan seorang joki tidak memakai perlengkapan keselamatan, sehingga dalam balapan dapat saja terjadi kecelakaan dan nyawa yang menjadi taruhannya. 

Dan seorang joki harus mendapatkan kepercayaan dari rekan-rekannya. Memang tidak ada ukuran baku untuk kemampuan yang dimiliki seorang joki, tetapi kemampuannyalah yang menjadikan rekan-rekannya percaya kepadanya untuk menjadi seorang joki.

3.   Bandar, Juri, Pengawas, dan Pemeriksa Lintasan

Seorang bandar, juri, pengawas, pemeriksa lintasan biasanya adalah orang yang mempunyai kepercayaan dari rekan-rekan kelompoknya untuk melakukan tugas tersebut. Jika seseorang belum mendapat kepercayaan dari rekan-rekannya untuk mengelola keuangan, maka mereka tidak akan setuju untuk memberikan tanggung jawab tersebut. 

Hal ini bertujuan agar dalam kegiatan perlombaan tersebut tidak terjadi kesalahpahaman maupun hal-hal lain yang dapat menciptakan perpecahan di antara mereka. Sehingga pekerjaan ini biasanya dilakoni orang-orang yang berbeda dalam beberapa kegiatan perlombaan.

Balap liar merupakan salah satu aternatif bagi mereka untuk mengekspresikan dirinya sebagai suatu penunjukan citra diri sesuai dengan tampilan idolanya. para pembalap juga bisa mencari diri di dalam ajang ini pembalap yang sangat bisa di andalkan di lintasan dan juga sangat bertaruh "nyawa". harta yang di dapat tidaklah seberapa yang meraka dapat cuman harga diri pembalap yang sangat tinggi apabila telah turun di lintasan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun