Mohon tunggu...
Indra Agung
Indra Agung Mohon Tunggu... Indra Agung

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Era Digital Bagian Diri Kita, Aman atau Berbahaya?

19 Juni 2021   22:45 Diperbarui: 19 Juni 2021   23:34 45 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Era Digital Bagian Diri Kita, Aman atau Berbahaya?
GOOGLE KNOWS EVERYTHING/https://pando.com/

Sejak era 2000-an, seiringnya perkembangan zaman bahwa ikutnya perkembangan pada digital atau kita sering sebut internet. kegunaan dari internet itu sendiri adalah untuk mempermudah kita sebagai masyarakat untuk mencari informasi serta mempermudah pekerjaan yang dapat dilakukan walau jarak yang jauh, contohnya seperti Google. Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Perusahaan Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tanggal 4 septermber 1998. Akhirnya Google meluncurkan beberapa jasa yaitu seperti software yaitu "android" serta peramban yang kita pakai sehari-hari yakni "Google Chrome." Adapun beberapa jasa lainnya seperti media conference yaitu Google meet, Microsoft Teams, Google Classroom, dll. Maka dari itu, Google mempunyai semua yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam berbentuk digital serta bermanfaat untuk era digital saat ini.

PRIVASI INTERNET/https://www.lupadaratan.com
PRIVASI INTERNET/https://www.lupadaratan.com

Google yang mempunyai akses yang luar biasa untuk semua orang yang menggunakan jasanya itu, maka, kitapun perlu bertanya-tanya "Semakin mudah mengakses sesuatu, amankah bagi privasi kita ?", banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan sebelum kita menggunakan sesuatu walau kita bisa berbicara Google merupakan sistem informasi yang sangat canggih tetapi selalu ada celah yang dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. contoh konkritnya yaitu seperti Scam, Phising dan lain-lain. Kita sebagai masyarakat harus mengerti dengan adanya penipuan-penipuan di Internet karna akan menjadi berbahaya jika kita tidak mempelajari hal-hal tersebut.

Google Street View/https://naningisme.wordpress.com
Google Street View/https://naningisme.wordpress.com

Seiring era digital ini berkembang lebih pesat, banyaknya kasus-kasus tentang privasi seseorang itu terganggu sampai ke negara sekalipun, contohnya yaitu kasus di Perancis, dimana Google meluncurkan adaptasi dari Google Maps yaitu Google street view. Google street view adalah bagian dari aplikasi maps yang menawarkan tampilan interface secara real dan bisa melihat sekitar peta itu seperti jalanan, rumah, toko, dll. maka dari itu, pemerintah Perancis mendenda Google sekitar $142,000 di maret 2011 dikarenakan pelanggaran privasi. Privasi masih menjadi isu yang sering ditemukan di Indonesia sendiri, privasi di era digital juga masih menakutkan banyak orang. Data dari Google Trend menunjukkan, tingkat pencarian orang indonesia terhadap isu privasi meningkat hingga 750% dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Whatsapp, Instagram, Facebook, Google, dan berbagai layanan digital lainnya menjadi candu bagi orang Indonesia. Namun, masih banyak masyarakat yang menggunakan itu. Pengaruh-pengaruh terhadap digital tersebut dapat dijawab didalam bukunya Jamie Barlett dengan judul The People vs The Tech bahwa mengajak masyarakat untuk kritis terhadap kemudahan yang diberikan pada era digital ini. Namun, harus ingat bahwa dalam era digital ini harus adanya aturannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x