Mohon tunggu...
Indra Rahadian
Indra Rahadian Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai Swasta

Best In Fiction Kompasiana Award 2021/Penikmat sastra dan kopi

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Artikel Utama

Cerpen: Keresahan Sambodo

23 September 2021   10:58 Diperbarui: 24 September 2021   21:30 1143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi seorang lelaki termenung di malam hari. (Foto: Free-Photos Via Pixabay)

Tuna wisma berdesak-desakan di kolong jembatan. Dan anehnya, burung hantu dan cerita-cerita hantu, mendapat tempat di hunian terbengkalai. 

Bangunan dan lahan kosong di perkotaan, dijaga ketat petugas keamanan. Dan anehnya, sawah dan hutan berganti pemukiman. "Aduhai!"

Uang berbicara lebih lantang daripada khotbah. Kata-kata bijak berganti sumpah serapah, lalu terbuang dalam tong sampah!

Seketika aku terbangun, langit sudah terang. Majikanku berdiri di depanku dengan wajah garang. "Bangun! Lekas buang bungkusan sampah itu jauh-jauh!"

Bergegas kuambil dua bungkusan sampah. Satu di tangan kiri, satu di tangan kanan. Kubawa ke luar pagar, dan meletakkannya di samping rumah. Namun majikanku terlihat tak senang. 

"Jangan buang sampah di situ!" 

"Lalu di mana?" 

Truk-truk pengangkut sampah melintas menopang segunung beban. Para bestari melempar puntung rokok dari kaca jendela. Karenanya kita tak pernah bisa mewariskan kesadaran. Pendidikan tinggi hanya mencatatkan angka-angka di dalam ijazah belaka. 

Hidup berdampingan dengan alam tidak pernah tertanam, meski sebatas slogan. "Jaga lingkungan dan buang sampah pada tempatnya" disematkan sekadar formalitas.

Kenyataannya, manusia berkompetisi dan menunaikan predasi bagi lingkungan. Kebijakan dengan sentuhan kebajikan, hanyalah lembaran kertas. "Ah, sialan!"

Mentari menikam tepat di atas kepala. Burung hantu mati terkapar diterkam kucing-kucing tak bertuan. Nasib baik tak berakhir di kandang besi dan terpenjara. Di dunia manusia, orang-orang sibuk mencari tempat bernaung dan pemakaman. 

"Bodo! Melamun saja kerjamu!"

Kedua tanganku gemetar, bungkusan ini terasa kian berat. Kulihat lautan sampah berserak-serak. Di pusat kota yang sekarat. Pohon-pohon tua, berebut sinar matahari di bayang-bayang bangunan beton.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun