Mohon tunggu...
indra putra
indra putra Mohon Tunggu... Guru dan Edupreneur

Seorang hamba yang suka nulis kalo lagi pengen

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kritis, Kreatif, Pintar, dan Menyenangkan dengan Penelitian

16 Oktober 2019   08:30 Diperbarui: 16 Oktober 2019   08:38 284 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kritis, Kreatif, Pintar, dan Menyenangkan dengan Penelitian
sgu.ac.id dan freepix

Sekilas judul yang ada di gambar di atas terkesan asaln dan nyeleneh tapi itu judul penelitian sungguhan dengan menggunakan data yang valid dan sesuai dengan tata cara penelitian pada umumnya.

Saya mengambil judul ini dari Indonesia Fun Science Award yang diadakan Swiss German University (SGU), ajang dimana penelitian dilakukan oleh anak-anak usia sekolah SMA. Judul yang saya ambil merupakan salah satu pemenang dari sekian banyak penelitian yang terdaftar.

Pertama kali saya melihat judul-judul yang menjadi finalis saya langsung tertawa sekaligus kagum, karena anak-anak ini melakukan penelitian ilmiah dengan judul yang unik dan lucu.

Kedua, dengan penelitian ada banyak hal yang bisa diajarkan kepada siswa dan memberikan kesadaran pada siswa bahwa ilmu yang dipelajarinya ternyata berguna.

Ketiga, ingin rasanya saya berteriak di telinga para pengajar yang masih saja "old fashion" bahwa belajar harus sesuai text book dan hanya mencacat, belajar juga bisa dari sesuatu yang unik dan lucu.

Daftar Judul Penelitian
Daftar Judul Penelitian

Judul-judul di atas sungguh "mindblowing", diambil dari hal-hal atau permasalahan yang biasa kita temui setiap saat lalu dikembangkan dengan metode penelitian ilmiah yang sesuai dengan standar.

Perlu diketahui bagi kalian yang belum pernah menuliskan peneltian atau jurnal ilmiah pasti bingung, karena ada tata cara yang harus dilakukan secara benar agar tulisan yang kita buat itu termasuk kedalam peneltian ilmiah atau jurnal ilmiah.

Hal yang dilakukan oleh SGU sangat revolusioner karena biasanya kita baru diajarkan menuliskan penelitian ilmiah atau jurnal ilmiah secara benar baru di bangku kuliah.

Pada tingkat SMA siswa biasanya hanya melakukan praktek IPA sederhana lalu menuliskan laporan hasil kerja, tapi SGU mencoba mengajak adik-adik SMA untuk bisa menulis penelitian ilmiah secara benar.

Penelitian membuat anak-anak berpikir "outside the box" dan dapat dilatih sejak dini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x