Mohon tunggu...
Indovoiceover
Indovoiceover Mohon Tunggu... www.indovoiceover.com

Indovoiceover is a voice-over agency established in 2014 and has quickly become one of the Indonesia’s leading agencies. Indovoiceover are affiliate with www.waiwaistudio.com as a sister company who already established and well known for audio post production quality with many clients around the globe. We have a wide range of talents from deep corporate sound to amazing film trailers voices. Now we are here bringing you a new product who focused in voices with new team, spirit and same passion as dedicated to voices business. If you are voice actors or voice over talents would like to enter the market place, send us a voices demo.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Definisi Automated Dialogue Replacement

28 Februari 2019   15:02 Diperbarui: 8 Mei 2019   11:46 58 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Definisi Automated Dialogue Replacement
adr-5cb439bd3ba7f729a203fb35.jpg

Halo, untuk kali ini Indovoiceover akan membahas sebuah tehnik yang menjadi bagian dalam pembuatan sebuah film atau video. Banyak orang yang tidak tahu atau merasakan bahwa dia sudah menggunakan hasil jadi dari tehnik tersebut. Tehnik tersebut dikenal dengan ADR.

ADR (Automated/Automatic Dialogue Replacement) adalah proses pengulangan rekaman dialog yang dilakukan didalam studio dan disinkronisasi dengan video yang telah dibuat sebelumnya. Setidaknya ada 3 pihak yang terlibat dalam sebuah rekaman ADR, yaitu talent VO, recording engineer dan audio editor. Dan tidak menutup kemungkinan untuk ditambah dengan talent director. Dalam hal ini seorang talent VO (aktor) harus bisa menciptakan dialog yang sangat sinkron (sesuai) dengan adegan yang ada didalam video tersebut. Mulai dari gerak bibir, intonasi bahkan sampai dengan emosi. Sedangkan tugas seorang audio engineer adalah menciptakan studio rekaman dengan tata akustik yang sangat baik, sehingga suara yang dihasilkan sang talent tidak akan terdengar seperti sedang berada didalam studio rekaman. Tugas audio editor lebih kepada memilih bagian-bagian suara hasil rekaman. Bagian-bagian tersebut haruslah yang terbaik. Selain itu juga menggabungkan bagian-bagian tersebut dan mensinkronkan dengan video.

Pernah membayangkan mengapa suara-suara dialog dalam sebuah film terasa begitu jelas? Mereka (pembuat film) menggunakan sebuah trik kecil yang disebut dengan ADR.

Dalam pembuatan seuah video/film, seorang production sound mixer merekam dialog selama pembuatan video/film tersebut. Rekaman tersebut seringkali berisi suara gangguan-gangguan yang seharusnya tidak ada didalam film tersebut. Seperti suara angin, lalu lintas, suara genset produksi, dll. Apabila dalam dialog terdapat gangguan-gangguan seperti yang disebutkan diatas, maka diperlukan proses ADR. Memasuki bagian post production, supervisor sound editor atau ADR supervisor mereview semua dialog dalam film dan memutuskan bagian dari dialog yang harus direkam ulang.

Tidak semua proses ADR dilakukan oleh talent/aktor yang sama (pemeran didalam video/film). Kadang-kadang menggunakan talent yang berbeda. Proses ADR yang terkenal dan pastinya sudah pernah kita dengarkan adegannya ada didalam film Star Wars. Karakter Darth Vader diperankan oleh aktor-aktor yang berbeda, tetapi untuk pengisi suaranya sebagian besar menggunakan suara James Earl Jones & Scott Lawrence:)

Source : ADR (Automated/Automatic Dialogue Replacement)

VIDEO PILIHAN