Mohon tunggu...
Galih Prasetyo
Galih Prasetyo Mohon Tunggu...

priaibra.com | bomber.id | ayah pria ibra

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Benarkah Ada Klenik di Sepak Bola?

8 Desember 2018   11:33 Diperbarui: 8 Desember 2018   16:59 0 4 3 Mohon Tunggu...
Benarkah Ada Klenik di Sepak Bola?
Ilustrasi (Pixabay)

Bagi penggiat hal mistik, praktek ilmu hitam sering disebut dengan istilah 'ngelmu'. Dikutip dari sejumlah literasi, ngelmu memiliki arti ajaran rahasia atau esoteris untuk pegangan hidup seseorang. Dalam Srat Wedatama karya Mangkunegara IV, "Ngelum iku, kalakone kanthi laku". 

Apa artinya? ujung pengetahuan yang bersifat makrifat dan orang yang berusaha mencari ngelmu melalui cara salik atau mistikus.

Publik sepakbola sempat dihebohkan beberapa waktu lalu soal kondisi mantan kiper Timnas Indonesia dan Arema FC, Kurnia Meiga yang diduga mendapat penyakit misterius. Rumor terus berkembang dan membuat publik percaya bahwa Kurnia Meiga mendapat guna-guna. 

Meski kemudian pihak kelurga dan tim medis Arema menyebut Kurnia Meiga menderita penyakit typus, publik sudah terlanjur percaya pada rumor yang berkembang sebelumnya.

Faktanya jika kita bicara budaya masyarakat Indonesia, praktek mistik sudah menjadi identitas yang sulit untuk dipisahkan, termasuk di ranah sepakbola.  

Darmanto Simaepa di blog belakanggawang.blogspot.co.id dengan lugas memaparkan bagaiamana fakta di lapangan bahwa ada klenik di sepabola kita.

Di tulisannya yang berjudul "Dari Gaud Sampai Ayat Suci, Dari Celana Dalam Hingga Tulang Babi", Darmanto menyebut ritus aneh memang biasa di sebuah pertandingan sepabola, utamanya di tingkat tarkam. 

Darmanto misalnya mencontohkan ritus tulang babi yang digunakan oleh salah satu kepala desa di Temanggung demi membuat tim sepabolanya meraih kemenangan.

Dukun yang tengah beraksi di sepakbola | gettyimages
Dukun yang tengah beraksi di sepakbola | gettyimages
Di Lamongan, Jawa Timur, Darmanto juga menceritakan bahwa seorang dukun meminta anak-anak yang bakal bermain di kompetisi tingkat kecamatan untuk memakan telor setengah matang, sayangnya tidak semua pemain mau menuruti permintaan sang dukun, apa akibatnya tim tersebut kalah dan si dukun mencak-mencak.

Atau yang lazim kita dengar membuang air kecil di samping gawang. Padahal jika kita menggunakan nalar, (mungkin saja) bau pesinglah yang sebenarnya membuat kiper lawan terkecoh dan tak konsentrasi menjaga gawang.

Ulasan mengenai klenik di pertandingan sepakbola Indonesia juga sempat dipublihs 12pas.net pada 2017 lalu. Disebutkan dalam laporan tersebut, saat Persegres GU bertanding di Stadion Brawijaya, Kediri, konon tim lawan akan kesulitan untuk membobol gawang di arah selatan stadion. 

Dari cerita yang beredar, terdapat sosok penunggu di selatan Stadion Brawijaya. Sosok tersebut diyakini sangat menyukai warna kuning. Tim dengan kostum warna kuning di stadion Kediri diyakini akan menjadi pemenang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3